PMPTSP Sukses Raih Kategori ‘Sangat Baik’ Pemkab Tapsel Dapat Suntikan Dana Rp 1,74 Miliar

TAPSEL – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Tapanuli Selatan sukses meraih masuk kategori penilaian ‘Sangat Baik’.

Penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemda tahun 2021 adalah berdasarkan Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Nomor 139 Tahun 2021.

Kepala Dinas PMPTSP Tapsel, Nurdin Pane mengatakan Dinas PMPTSP Tapsel berada pada peringkat 63 dari 416 Kabupaten se-Indonesia dengan nilai 81,025 dan masuk kategori ‘Sangat Baik’.

“Penilaian kinerja PTSP dan PPB ini merupakan kegiatan yang digelar Kementerian Investasi/BPKM,” ujar Nurdin Pane, Jumat (13/5/2022).

Berkat keberhasilan ini, kata Pane, tahun 2022 ini Pemkab Tapsel mendapat suntikan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat sebesar Rp1,74 miliar yang akan dikucurkan ke Pemkab Tapanuli Selatan.

Dikatakan, penilaian ini juga dalam rangka menindaklanjuti amanat Perpres Nomor 42 tahun 2002 tentang pemberian penghargaan dan atau pengenaan sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Dan lebih membanggakan lagi, Pemkab Tapsel adalah satu-satunya Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Utara yang mendapatkan Dana Insentif Daerah.

Sementara, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu turut menerangkan, bonus DID dari pemerintah pusat itu merupakan instrumen yang strategis, guna menstimulasi daerah guna perbaikan pelayanan daerah secara berkesinambungan.

Di berbagai kesempatan, Bupati mengakui bahwa pihaknya akan terus melakukan berbagai inovasi dan perbaikan demi kemajuan daerah, mulai di bidang pelayanan publik, pemerintahan hingga yang terkait dengan pengembangan ekonomi masyarakat.

“Saya selalu sampaikan bahwa orientasi pembangunan Pemkab Tapsel adalah Kesejahteraan Masyarakat,” katanya.

Sehingga, lanjut Bupati, pelayanan masyarakat yang dilakukan di Dinas PMPTSP adalah untuk kenyamanan berinvestasi.

“Iklim investasi yang baik akan mendatangkan investasi yang sehat dan muaranya kembali ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Atas nama Pemkab Tapsel, Dolly pun memberi apresiasi atas prestasi tersebut dan tentu ke depan ia harapkan pelayanan prima dapat dimaksimalkan bahkan ditingkatkan lagi.

“Keberhasilan ini, sekaligus wujud realisasi visi misi Bupati-Wakil Bupati Tapsel yang di tuangkan pada RPJMD tahun 2021-2024 yakni Tapsel yang maju berbasis sumber daya manusia pembangun yang sehat, cerdas, dan sejahtera serta pemanfaatan sumber daya alam yang produktif dan lestari,” ucapnya.

Dalam artian seiring berjalannya waktu, Kabupaten Tapsel harus makin maju ke depan mengalami peningkatan dan bertambah baik di semua aspek kehidupan. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *