Kepala BNN Resmikan Pencanangan Kelurahan Bersinar

T.Balai12 views

T.BALAI – Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom, meresmikan Pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), di Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjung Balai, ditandai dengan pemukulan gendang, Rabu (24/4/2024) sekitar pukul 10.30 Wib.

Hadir dalam acara tersebut yakni, para pejabat Eselon I dilingkungan BNN RI, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Karo Humpro BNN RI Brigjen Pol Anthonius Pangaribuan, Irwil III BNN RI Mangaradja, Pj. Gubernur Sumut diwakili Kepala Kesbangpol Sumut Ir Ardan Noor, Wali kota Tanjung Balai H Waris Tholib, Forkopimda Tanjung Balai, para Kepala BNNK se Sumatera Utara, para Kadis, Camat, Lurah, Ormas dan undangan lainnya.

Kepala BNN RI Komjen Pol Marthinus Hukom, dalam konferensi pers dengan wartawan, mengatakan, Tujuan dari Pencanangan Desa Bersinar yakni, mengkoordinasikan pencegahan yang dimulai dari tingkat Kelurahan/Desa, termasuk di dalamnya ketika kita bertemu dengan saudara kita yang kecanduan, ketergantungan atau mulai memakai narkotika, jangan pernah takut dan malu melaporkan ke BNNK atau ke tempat instansi wajib lapor yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk mendapatkan pelayanan rehabilitasi, “Kesadaran masyarakat dimulai dari rumah kita sendiri”, Kata Marthinus.

Selain itu Tujuan dari Pencanangan Desa Bersinar di Sumatera ini adalah untuk membangun ketahanan masyarakat nelayan atau masyarakat pantai “marilah kita sayangi keluarga dan masyarakat kita, jangan kita sembunyikan informasi bahwa ada satu bandar besar narkoba yang menggunakan orang Tanjung Balai lalu kemudian memanfaatkan kepentingan mereka yang lebih besar yang merusak saudara kita, masyarakat kita” Ajak Marthinus.

Matihius berpesan, jaringan internasional sudah melembaga di tengah masyarakat, masyarakat jangan mau diprovokasi oleh kelompok pemilik modal narkoba yang pura-pura baik dan dermawan, sehingga membuat masyarakat simpati, ketika pemilik modal narkoba tersebut akan di tangkap, masyarakat bangkit melakukan perlawanan kepada petugas, ini sering terjadi, terang Marthinus.

Dilanjutkannya, ada kekuatan-kekuatan masyarakat yang mereka manfaatkan, sehingga masyarakat mendukung mereka, kita harus sampaikan kepada masyarakat agar masyarakat tahu dan sadar bahwa ada ancaman intervensi jaringan internasional.

Bagi masyarakat yang sudah terlanjur menjadi pengguna pencandu narkoba agar bangkit dari rasa malu dan mau melaporkan kepada orang yang bisa merahasiakan problemnya, misalnya curhat kepada keluarga tetangga sahabat agar dirinya dapat direhabilitasi, ini harus mulai dari desa atau Kelurahan, Pungkas Matihius.

Sebelumnya sambutan Wali kota Tanjung Balai H Waris Tholib mengatakan, Dalam kesempatan ini kami menyampaikan permohonan kepada BNN RI agar di kota Tanjung Balai berdiri Panti rehabilitasi milik pemerintah agar masyarakat kota Tanjung Balai yang sempat kecanduan narkoba bisa diselamatkan, Ujar Waris Tholib.

Semoga Pencanangan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Selat Tanjung Medan, akan menjadi satu langkah awal dalam menyelamatkan kota Tanjung Balai dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kota Tanjung Balai, kata Waris Tholib(AP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *