AKBP Yasir Santuni Nenek 90 Tahun dan Anaknya Yang Disabilitas

TAPSEL| Jelajahnews.id- Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi SIK, dengan membawa sepaket sembako dan sejumlah uang santunan diberikan kepada seorang nenek berusia 90 Tahun dan anak yang disabilitas mental.

Nenek yang bernama Sampe Batubara tinggal berdua dengan anaknya Syamsir Lubis (50) di rumah mungil 6×4 meter di gang sempit Lingkungan V, Kelurahan Sayurmatinggi, Kecamatan Sayurmatinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Rabu (3/4/2024) petang jelang berbuka puasa. Keduanya didatangi Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahmadi SIK, dengan membawa sepaket sembako dan sejumlah uang santunan.

Nek Sampe meminta mafhum saat Yasir duduk bersila, di atas lantai rusak yang sebagian bertanah dan beralas tikar. Nek Sampe berjanji, kelak akan membenahinya.

“Belum bisa ku perbaiki. Belum ada yang sempat,” katanya menujuk bagian semen yang mengelupas dan bertanah.

Rumahnya berdinding papan, dilapisi koran. Tanpa kamar mandi, tanpa dapur dan tanpa kamar tidur. Hanya di ruangan ini Nek Sampe dan anaknya memasak, makan dan tidur.

“Ini Nek, ada sedikit rezeki. Biar bisa memperbaiki ini, nanti bisa disemen lagi, biar jangan jadi tanah semua ini,” Yasir menyerahkan bantuan.

AKBP Yasir dan Nek Sampe lekas akrab. Nek Sampe mengira Kapolres Tapsel ini cucunya yang tinggal di Panyabungan. Yang telah lama tidak datang mengunjunginya.

“Ku kira tadi kau si Laung. Di mana dia?. Abangnyalah kau, lebih muda dia,” Nek Sampe dengan suara menahan sesak, dan melepas tawa.

Sesekali ia terbatuk. Di usianya yang hampir satu abad ini, Nek Sampe sudah tidak lagi mampu bekerja. Terlebih tubuh bungkuknya sudah mulai sulit untuk dibawanya bergerak.

Jadi dalam waktu terakhir ini, kata Nek Sampe, untuk memenuhi kebutuhan ia dan anaknya Syamsir, hanya mengandalkan dari pemberian anaknya yang telah berkeluarga dan menetap di Panyabungan.

Nek Sampe berdoa. Diberi keberkahan umur. Termasuk untuk AKBP Yasir, yang hendak pamit. Sementara di luar rumah, Syamsir baru saja pulang, dengan membawa sekotak anti nyamuk bakar.

Syamsir yang heran, kemudian menyalami satu persatu tetamu rumahnya.

“Kalau datang lagi kelak, bawa makanan untukku, ya,” pinta Nek Sampe, tertawa.

AKBP Yasir menyebut, kunjungannya kepada keluarga yang belum sejahtera, merupakan kepedulian sosial semata. Dan berharap akan berimbas pada ketentraman dan saling peduli antar warga dalam lingkup kemasyarakatan.

Dalam setiap kegiatan Berkah Ramadan Polres Tapanuli Selatan. AKBP Yasir akan menemui sejumlah warga prasejahtera, dan ditutup dengan salat berjemaah di masjid di mana kegiatan pasar murah itu dilaksanakan. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *