Sebanyak 1.320 Siswa Ikuti Lomba Lari 5 KM Perebutkan Piala PPM Dairi

Dairi64 views

 

Dairi – Sebanyak 1.320 siswa dari 55 SMA dan 73 SMP, mengikuti lomba lari 5 Kilometer (5K), memperebutkan piala Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan Samuel Perdana Panjaitan selaku ketua Panitia kegiatan lomba lari tersebut. Samuel pun mengatakan bahwa ini Rekor Baru untuk Dairi di Kegiatan Lomba Lari.

Peserta lomba yang berasal dari Dairi maupun luar Dairi itu, dilepas dari depan kantor PPM Dairi Jalan Sisingamangaraja Sidikalang, finish di stadiun utama Sidikalang Panji Bako Jalan Sidikalang-Medan, Kecamatan Sitinjo, Kamis (7/3/2024).

Pelepasan dilakukan Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban yang juga pembina PPM Dairi bersama Ketua PPM Dairi Herrisson Yehuda Samosir didampingi Kadis Budparpora Dairi Rahmat Syah Munthe dan Kadis Pendidikan Dairi Jhonny W Purba.

Dalam sambutannya sebelum pelepasan, Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban mengatakan, kegiatan dimaksud merupakan suatu pembinaan bagi pelajar, yang digelar PPM.

“Kegiatan lomba lari ini merupakan pembinaan bagi masyarakat Dairi khususnya pelajar. Digelar dalam rangka memperingati HUT ke-43 PPM yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2024,” kata Goklas.

Peserta dipesankan untuk sportif. Melalui kegiatan tersebut diharapkan nantinya dapat tumbuh bibit-bibit unggul atlet pelari untuk menjadi juara.

Sementara Ketua PPM Dairi Herrisson Yehuda Samosir menyebutkan, Pemuda Panca Marga merupakan organisasi wadah berhimpun putra-putri pewaris jiwa, semangat, dan nilai-nilai juang 1945.

“Organisasi PPM ini wadah bagi putra-putri anak pejuang kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Herrisson.

Ditegaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Saat ini masih banyak orang yang lupa atau tidak mengingat para pejuang pendahulu bangsa.

“Sampai hari ini, kita sering melupakan atau tidak mengingat jasa para perjuangan khusunya pahlawan kemerdekaan. Ini hal yang tidak baik,” ujarnya.

Melalui kegiatan dimaksud, kata Herrisson, pengurus PPM Dairi ingin mendorong dan mengingatkan kepada para pelajar, bahwa inilah momen untuk mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan lomba lari.

Selain itu, bisa memberikan motivasi dan semangat kepada para pelajar untuk memacu prestasi terutama di bidang olahraga lomba lari.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, apalagi peserta nya juga ada dari luar Kabupaten Dairi,” katanya.

Kadis Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Rahmat Syah Munthe mengapresiasi kegiatan yang digelar PPM Dairi tersebut.

“Kami dari Pemkab Dairi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada PPM dan Kodim 0206/Dairi atas kegiatan ini,” kata Rahmat.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan pembangunan, Pemkab Dairi memerlukan kemitraan, baik itu dalam aspek pemberdayaan masyarakat termasuk dalam hal olahraga.

“Melalui kegiatan ini, PPM Dairi telah menunjukan ikut bermitra dan berpartisipasi untuk memajukan Kabupaten Dairi,” ujarnya.

Rahmat tak lupa menyampaikan selamat bertanding kepada adik-adik pelajar peserta lomba.

“Saya ucapkan selamat bertanding, jangan lupa jaga stamina, kesehatan dan keselamatan diri,” pesannya. (PP/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *