Meninjau PPM PTAR Tambang Emas Martabe Batang Toru Wilayah Tapsel

TAPSEL– Ditinjau dari Bantuan lima sektor fokus program pemberdayaan masyarakat (PPM) yang dilakukan PTAR, yaitu kesehatan, pertanian, pemberdayaan ekonomi lokal, dan infrastruktur sudah berjalan dan dipergunakan masyarakat.

Adapun Program PPM bantuan direalisasikan di lingkaran tambang emas Martabe PTAR yakni di SMKN 2 Batang Toru, Kelompok Tani Permata Hijau, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Sopo Daganak seni alat tradisional jenis gordang, dan Dokter Spesialis Anak di Puskemas dan Taman Baca Anak di Tapanuli Selatan, Kamis (07/03/2024).

Bantuan Pendidikan di SMKN 2 Batang Toru

SMKN 2 Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan tampak terlihat bantuan sarana dan prasarana terlisasi seperti bantuan bangunan ruang kelas, ruang simulator belajar pengenalan komponen alat berat, pemeliharaan dan perawatan alat berat.

Kepala SMKN 2 Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Erikson Sihombing mengucapkan terimakasih atas bantuan dari PTAR baik sarana dan prasarana, bahkan beasiswa yang mendukung para siswa ke tahap pendidikan selanjutnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pihak PTAR yang telah konsisten membantu pendidikan masyarakat khususnya ke SMKN 2 Batang Toru dalam sarana dan prasarana bahkan beasiswa serta mendukung pelatihan pengajar teknik alat berat dan Geologi pertambangan,” ucapnya.

Berikutnya Tinjauan Bantuan PPM Ke Kelompok Batik Tapsel Kampung Pasir

Selain Pendidikan, PTAR juga peduli terhadap UKM bidang keseniaan dengan memberi bantuan ke kelompok Batik Tapsel warga Kampung Pasir Desa Aek Pining Kec Batang Toru Kab. Tapsel.

Santi Budi Lestari (35) ketua kelompok Batik Tapsel warga Kampung Pasir Desa Aek Pining Kec Batang Toru menyebutkan, UKM Batik Tapsel berdiri pada tahun 2016 yang ia rintis sendiri.

Dalam merintis usaha batik ini, dirinya mengajak beberapa teman dan keluarganya untuk sama-sama menjalankan usaha ini yang kemudian ia berinisiatif membentuk kelompok usaha batik (KUB) Tapsel yang sama-memajukan usaha ini.

Memulai kerja sama PTAR pada tahun 2021 memberikan bantuan fasilitas pelatihan batik yang didatangkan langsung dari Yogyakarta dan terus dilakukan lagi pelatihanya di tahun 2023 yaitu pelatihan lanjutan hingga menerima Sertifikat Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB) dari Yogyakarta .

Tinjauan PPM Bantuan Ke UKM Produk Kripik Gandum Batang Toru

Marhayani Fahrana (25) usaha produk kripik dengan 5 varian rasa yakni kripik singkong sambal beteng-beteng, kue bawang ungu, kue bawang biasa dan kacang kuning sudah menggeluti usaha ini sejak dirinya tammat SMA pada tahun 2017.

Disebutkan Marhayani, dirinya dapat bantuan PPM dari PTAR dari ajakan tetangganya bahwasanya akan dibantu juga INB nya(Izin Nomor Berusaha) dan sertifikat makanan halalnya.

Dengan bantuan PTAR, dirinya merasa ada perubahaan terhadap usaha kripiknya, seperti bantuan bangunan untuk tempat usahanya dan dengan kemasan kripik yang baru. Dari bantuan itu, dengan modal Rp 2,5 juta dirinya berpenghasilan perbulan Rp 5 juta yang sebelumnya pendapatanya Rp 3 juta.

Tinjauan PPM PTAR Sektor Kesehatan Anak Gratis di Puskesmas Batang Toru

Tidak berhenti itu saja, bantuan kesehatan anak Gratis dengan fasilitas Dokter anak yang ada di Puskesmas Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan dalam penanganan penyakit terhadap anak seperti penyakit kulit, stunting anak dan lain-lain.

Dr.Shareza Hasibuan (37) spesialis anak di Puskesmas Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan menyebutkan, sejak maret tahun 2020 hingga saat ini, Dinas Kesehatan Tapanuli Selatan bekerja sama dengan PTAR membuat suatu program pengobatan pelayanan spesialis anak masyarakat Batang Toru Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapsel.

“Untuk saya sendiri, tentu dalam program kerja sama dengan PKRI (Perikatan Kesehatan Republik Indonesia) ini menyangkut seluruh kesehatan aspek dalam pengobatan dan kesehatan anak baik program-program nasional seperti stunting dan gizi buruk anak termasuk jika ada maslah emergency didaerah ini, itu juga termasuk tanggung jawab kita disini,” jelasnya.

PTAR Fasilitasi Pelatihan Ke Kelompok Seni Persada Sopo Daganak di Tapsel

Ketua kelompok alat musik tradisional Persada Sopo Daganak, Dastri Sijolo Harahap (26) tahun warga Desa Napa mengatakan anak-anak kesenian gordang sembilan, gordang Tapsel-Madina, gordang batak Toba selalu diberikan bantuan seperti pelatihan Tari dengan mengunakan gordang.

Disebutkan, Dastri kelompok alat musik tradisional Persada Sopo Daganak sering diundang dan mengikuti acara-acara tradisional yang operasionalnya di bantu dari Pihak PTAR.

Bantuan PPM PTAR Ke Taman Baca Anak Berbahasa Inggris

Terakhir Tinjauan PPM PTAR Dilanjutkan Ke Taman Baca Anak Berbahasa Inggris yang berdiri pada tahun 2015 dan pada 2021 mengikuti PPM dari PTAR yang didirikan oleh Erika Susanti (28) warga wek ll Kec. Batang Toru.

Dalam pembelajaran di Taman Baca Anak Berbahasa Inggris yang menyediakan alat baca sebanyak 600 buku memiliki anak didik sebanyak 120 orang tiap bulan minimal hadir dalam pembelajaran membaca dan berbahasa inggris. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *