Komnas Disabilitas Kunjungi Bupati Tapsel: Saya Dukung Saran dan Masukan

TAPSEL – Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas Rachmita Maun Harahap (disabilitas rungu) berkunjung ke Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Senin (9/5/2022). Ia diterima oleh Bupati Tapsel Dolly Pasaribu di ruang kerjanya.

Bupati Tapsel mendukung penuh saran dan masukan yang diutarakan oleh Komnas Disabilitas melalui Rachmita Maun Harahap (disabilitas rungu).

Bahkan, ia pun bangga pasca mudiknya Rachmita ke Sayurmatinggi dan sempat berkeliling ke Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Rasa bangga Bupati bukan tanpa sebab, lantaran ia bangga karena putri Tapsel berhasil menjadi salah satu komisioner di Komnas Disabilitas dilantik Presiden Joko Widodo tanggal 1 Desember 2021 lalu.

“Kami merasa bangga atas kunjungan Ibu Mitha disela-sela mudik ke Sayurmatinggi dan sekaligus mengelilingi Tapanuli Bagian Selatan. Bisa mengunjungi Pemkab Tapsel untuk memberi saran dan masukan khususnya perhatian ke penyandang disabilitas di Tapsel ini,” ungkap Bupati Tapsel Dolly Pasaribu.

Disela kunjungannya, Rachmita Maun Harahap memaparkan beberapa saran dan masukan dihadapan Bupati dan beberapa Kepala Dinas serta OPD.

Rachmita menyarankan agar penyandang disabilitas membuat MoU dengan Pemkab Tapsel terkait program pendampingan di berbagai bidang untuk membantu penyandang disabilitas.

Sementara, Plt Kadis Sosial Ibnussalam Harahap berperan dalam hal ini menjelaskan, bahwa untuk pengadaan bantuan bagi penyandang disabilitas wilayah Tapanuli Selatan selalu diadakan setiap tahunnya.

Dikatakannya, bantuan yang sudah salurkan yaitu kursi roda 10 unit setiap tahun sejak 2018 hingga sekarang, tongkat tunanetra 20 unit setiap tahun sejak 2021, kruk kaki 15 unit setiap tahun sejak 2018, Walker (Alat Bantu Jalan) dan bantuan pendengaran 20 unit setiap tahun.

Selain itu, juga ada disalurkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), kendaraan roda 3, beberapa unit mobil untuk menjalankan usaha baik yang disabilitas secara fisik maupun yang kurang modal.

Turut hadir, Kadis Ketenagakerjaan, Kadis Pendidikan, Kadis PUPR, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kadis Sosial, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Kabag Humas dan Kabag Hukum. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *