PT. AR Ajak Masyarakat Ubah Kebiasaan BAB Sembarangan

TAPSEL – PT Agincourt Resources (AR) mengungkapkan rasa bangga dan berterima kasih atas kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan khususnya didaerah Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hal itu diungkapkan oleh Senior Manager Community PT Agincourt Resources (AR), Christine Pepah pada acara deklarasikan Stop BABS Batang Toru dan Muara Batang Toru, di Sopo Daganak, Kecamatan Batang Toru, Tapsel, Rabu (21/12/2022).

Menurutnya, mengubah kebiasaan untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan (BABS) menunjukkan perilaku yang baik.

“Kita sangat bangga bahwa sejak 2015 atau 7 tahun sampai pada titik ini, hasil dari kerja keras semua pihak telah berhasil mengubah perilaku setop buang air besar sembarangan,” ucapnya.

PT Agincourt Resources (AR) menjelaskan di sini sebagai mitra, tidak untuk menggantikan tugas dari pemerintah.

“Tapi kami disini sebagai mitra pemerintah dan mitra masyarakat, intinya mengubah pola perilaku. Itu semua butuh waktu yang lama dan hari ini kita semua bisa mewujudkannya, sehingga tugas kita ke depan adalah untuk mempertahankan capaian yang didapat selama tujuh tahun ini,” cetusnya.

Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Pasaribu diwakili Pj. Sekda MParananda mengucapkan terima kasih kepada PT AR yang kepeduliannya terhadap lingkungan masyarakat, khusunya BABS yang cukup tinggi.

Mulai dari Kecamatan Batang Toru dan Muara Batang Toru semoga menular bagi kecamatan lain sehingga Tapanuli Selatan bebas dari buang air besar sembarangan.

“Semoga dengan program stop BABS ini masyarakat lebih peduli untuk merubah perilaku menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujar Prananda.

Plt Kadis Kesehatan Tapsel, dr Rudi Iskandar Harahap, MKes, selaku ketua panitia melaporkan bahwa dasar kegiatan sesuai dengan UU No.36 tahun 2009 tentang kesehatan, Permenkes RI No.3 tahun 2014 tentang STBM dan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Tapsel No: 005/8170/2022 tentang deklarasi kecamatan SB mauS.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari PT AR.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk tetap berkomitmen stop buang air besar sembarangan (SBS) serta untuk memotivasi kecamatan lain di Tapsel agar segera menuju kecamatan stop buang air besar sembarangan,” jelasnya.

Diakhir kegiatan Pj. Sekda Tapsel didampingi PT AR serta Dinas Kesehatan Provinsi Sumut menyerahkan sertifikat dari Bupati Tapsel kepada desa/kelurahan dan kecamatan. Kegiatan itu juga dirangkai dengan Seminar Kesehatan Program STBM Pilar 1-5 oleh Linda Bangun dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

Turut hadir Pimpinan OPD, Ketua IDI Tapsel, Manajer PT AR, PKK Kabupaten/ Ketua PKK kecamatan, Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Tapsel, Kepala UPT Puskesmas dan Petugas Kesling Puskesmas se-Tapsel, dan Forkopimcam. (JN-Irul).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *