PMI Tanjungbalai Resmi Dilantik dan Plt Walikota Giatkan Jumat Bersih

TANJUNGBALAI – Ketua PMI Sumatera Utara Rahmat Shah resmi melantik pengurus dan dewan kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Tanjungbalai periode 2019-2024 Hotel Grand Singgie, Jalan H.O.S Cokroaminoto, Jumat (12/11/2021).

Dalam pelantikan itu turut dihadiri Plt Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib, yang diketuai terpilih H Mhd Kosasih.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan SK PMI Sumut, pembacaan ikrar pelantikan, penandatanganan SK pelantikan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua PMI Tanjungbalai.

Plt Walikota menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang selama ini telah menyumbangkan darahnya melalui PMI Tanjungbalai.

“Donor darah merupakan kegiatan yang sangat positif bagi kemanusiaan. Kami menyadari begitu pentingnya peran darah bagi setiap orang apalagi fakta mengatakan di Tanjungbalai ini nyaris tiada hari tanpa permintaan darah, baik kepentingan menolong orang yang sakit, kecelakaan maupun kepentingan kemanusiaan lainnya,” katanya.

Diketahui, Plt Walikota ini juga sekaligus sebagai pelindung PMI Tanjungbalai yang dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus PMI di kota kerang itu.

“Semoga dapat terus bekerjasama dan berkoordinasi demi membantu masyarakat baik ketika dalam situasi bencana maupun dalam kondisi normal apalagi saat ini masih dalam pandemi Covid-19,” ungkap Waris.

Ia pun menyebut bahwa PMI Tanjungbalai dilihat konsisten dan pro aktif dalam membantu pemerintah daerah selama ini, sesuai harapan semua pihak.

Pemko mengucapkan terima kasih dalam membantu RSUD Tanjungbalai dari transfusi dan stok darah di Tanjungbalai, khususnya di RSUD Daerah Tengku Mansyur.

“Terima kasih kami pemerintah setempat kepada PMI Tanjungbalai. Selamat kami ucapkan atas pengukuhan dan pelantikan. Semoga Allah SWT membalas kebaikan PMI Tanjungbalai,” tukasnya lagi.

Turut dikukuhkan dan dilantik Ketua Dewan Kehormatan PMI Kota Tanjungbalai Mahyaruddin Salim Batu Bara. Juga diserahkan piagam penghargaan kepada pendonor darah yang telah mengikuti kegiatan donor darah sebanyak 10 dan 25 kali serta kepada 22 Mitra Kerja PMI Kota Tanjungbalai dari berbagai lembaga pemerintahan dan swasta.

Giatkan Jumat Bersih dan Gotong Royong Bersama

Ditempat terpisah dan dihari yang sama, usai Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al-Hidayah, Kelurahan Kualo Silo Bestari, Plt Walikota H Waris Thalib melakukan kegiatan dengan melaksanakan gotong royong bersama warga di sekitaran Jalan Suprapto.

Aksi gotong royong yang disebutnya jumat bersih ini diikuti OPD dan ASN juga warga setempat yang berada di sekitar lokasi. Waris fokus mengecek dan melihat kondisi drainase yang ada. Setelah melihat, ia menyampaikan perlu adanya penanganan segera, pengendalian fungsi drainase juga harus dilakukan secepatnya.

PMI Tanjungbalai Resmi Dilantik, Plt Walikota Giatkan Jumat Bersih
Plt Walikota Tanjungbalai saat melakukan kegiatan Jumat Bersih

“Karena tidak saja mengganggu kebersihan tapi sudah mulai memberikan dampak yang lebih besar dengan meluapnya air, sehingga mengganggu lalu lintas dan saat banjir rob tiba tidak lagi sanggup menampung air,” ujarnya.

Ia berharap dukungan dari semua warga untuk menggiatkan gotong royong dan bersih bersih lingkungan sekitar tempat tinggal masing masing, terutama pembersihan sampah dan timbunan pasir/tanah dalam drainase yang sering menghambat aliran air, pendangkalan dalam drainase dan sungai.

“Mari kita budayakan kegiatan gotong royong di lingkungan kita masing masing, untuk kebersihan lingkungan juga berdampak positif dalam mengantisipasi banjir dan dampak penyakit lainnya serta kesiapsiagaan kita saat banjir rob tiba,” ajaknya.

Ia meminta jangan lupa dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mari kita jaga sama-sama Kota Tanjungbalai ini dengan pola hidup bersih dan sehat.

Karena ia memandang aksi yang dicontohkan hari ini adalah sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat lainnya bersama Pemkot Tanjungbalai untuk ikut serta bersama-sama berbuat hal yang positif terhadap kepentingan masyarakat khususnya di bidang kebersihan.

“Karena kegiatan ini adalah bagian dari visi misi Pemkot Tanjungbalai mewujudkan Tanjungbalai “Bersih,” tutup Waris. (Kurniawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *