Mantap! Syahrul Pasaribu Caleg Golkar Masuk DCT, Ini Targetnya

P.Sidimpuan: Mantan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu resmi tercatat sebagai calon anggota DPR RI nomor urut 4 dari Partai Golkar di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara 2.

Tampak Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu tahun 2024 telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin, (06/11/23).

Hal itu dibenarkan oleh Syahrul Pasaribu saat ditemui awak media di Kota Padangsidimpuan, Rabu (8/11/2023).

Keikutsertaaanya untuk berkontestasi ‘Menuju Senayan’ dari Dapil Sumut 2 yang terdiri dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara.

Saat dipertanyakan apa yang mendorongnya untuk ikut mencaleg, padahal kader Golkar ia telah pernah terpilih dua kali menjadi anggota DPRD Medan, tiga kali anggota DPRD Sumut dan dua periode Bupati Tapanuli Selatan.

Pertanyaan dari awak media terjawab langsung oleh Syahrul, bahwa dirinya ikut serta menjadi calon anggota DPR RI ini berawal dari adanya rapat Dewan Pertimbangan (Wantim) DPD Partai Golkar Sumut.

Yang mana, Pada saat itu diputuskan harus ada minimal satu orang dari kader senior yang maju di Pemilu Legislatif 2024.

Kepercayaan dalam pencalonan itu kembali kepada Sahrul Pasaribu selaku Wakil Ketua Wantim sebagai kader senior yang mumpuni dan masih produktif untuk maju yang ia dapatkan dari peserta rapat memilih.

Keputusan ini dikuatkan lagi dalam rapat Wantim dengan Dewan Pakar DPD Golkar Sumut. Bahkan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) juga merestui penugasan itu.

Dengan ditugaskannya Syahrul Pasaribu berkontestasi di Dapil Sumut 2, diharap dapat meningkatkan perolehan suara Golkar pada Pemilu 2024 di daerah tersebut.

“Terlebih lagi di Tapanuli Bagian Selatan. Targetnya tidak hanya memenangkan Partai Golkar, tetapi harus dapat meningkatkan perolehan suara Caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Yakni dengan cara mendorong, menstimulasi dan mendinamisasi teman-teman pimpinan partai dan Caleg Golkar di kabupaten kota,” jelasnya.

Sahrul Dipercaya Partai Terpilih Jadi DPR RI Dapil Sumut 2

Dari sekian Dapil di Sumut, kenapa harus maju dari Dapil Sumut 2 ? Sementara dia sendiri sudah pernah dua kali terpilih menjadi anggota DPRD Sumut dari Dapil Siantar dan Simalungun yang merupakan bagian dari Dapil Sumut 3 untuk DPR RI.

“Namanya juga penugasan partai, saya mana bisa memilih, tetapi harus siap untuk melaksanakannya,” jawab Syahrul dengan spontan.

Mungkin saja, katanya, DPP dan DPD Golkar melihat lebih efektif maju di Dapil Sumut 2. Karena selain tempat kelahirannya, Syahrul juga lebih mengenal dan dikenal rakyat di wilayah ini.

Kemungkinan pertimbangan lainnya adalah karena Partai Golkar dari Dapil Sumut 2 hasil Pemilu 2019 hanya meraih satu kursi di DPR RI. Sedangkan dari Dapil Sumut 3 memperoleh dua kursi.

Mengenai kata ‘penugasan’. Apa target dan bagaimana melaksanakannya ? Syahrul menyebut penugasan itu targetnya menangkan dan tingkatkan perolehan suara Golkar di semua tingkatan Pemilu Legislatif 2024. Termasuk juga memenangkan Pemilihan Presiden.

Cara Sahrul Memperoleh Suara

Bagaimana caranya, ? Yakni dengan mendorong dan mendinamisasi serta berkolaborasi dengan pengurus Golkar kabupaten/kota. Juga dengan para Caleg untuk bersama-sama, bukan sendiri-sendiri, memperjuangkan peningkatan perolehan suara Golkar.

Syahrul menjelaskan, dari seluruh pimpinan partai Golkar di 19 kabupaten/kota di Sumut 2, sebagian besar telah diajaknya diskusi pemenangan Pemilu 2024.

Demikian juga dengan para Caleg kabupaten/kota dan provinsi. Di berbagai kesempatan seperti Rakerda dan Rapimda Golkar Sumut, termasuk saat Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota FPG DPRD se Sumut, ia sudah sering bertemu dan berdiskusi.

Pesan Sahrul Pasaribu Usai Masuk DCT

Kepada Caleg kabupaten/kota dan provinsi, termasuk Caleg DPR RI dari Partai Golkar, Syahrul sudah seringkali menyampaikan agar di kontestasi Pemilu ini jangan saling menjelekkan. Hindari sikap ‘jeruk makan jeruk’.

“Memang benar target masing-masing adalah meraih suara terbanyak. Tetapi ingat, jangan saling menjegal, apalagi diantara sesama Caleg Golkar. Perluas daerah penggalangan dan rawat baik-baik basis kita,” pesannya.

Terakhir, kepada Caleg seluruh partai di semua tingkatan, diingatkannya bahwa rakyat sudah pintar menilai dan menentukan pilihan. Maka berkontestasilah secara santun, objektif dan rasional. Jauhi sikap menghalalkan segala cara untuk merebut suara rakyat.

“Ingat. Pemilu 2024 sebagai mekanisme lima tahunan pemilihan pimpinan eksekutif dan anggota legislatif, harus berjalan aman dan damai. Para Caleg dan pimpinan partai harus bersama menjaga kondusifitas daerah,” harap Syahrul Pasaribu. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *