Warga Tak Mampu Pengidap Kanker Payudara Dirujuk ke RSUD Adam Malik

SIDEMPUAN – Seorang warga tak mampu bernama Nenni Sahdiah Siregar yang menderita sakit kanker payudara dapat perhatian dari Pemko Padang Sidempuan, melalui Dinas Kesehatan, Kamis (3/3/2022).

Melalui Dinas Kesehatan Padang Sidempuan, warga Kelurahan Batunadua Jae tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan pada Rabu (2/3/2022) malam.

“Sudah tiba di Medan. Dibawa sopir dan ambulan Dinas Kesehatan dengan pendampingan tenaga kesehatan RSUD Sidempuan,” kata Kadinkes Padang Sidempuan, Sopian Subri Lubis, Kamis (3/3/2022).

Untuk pembiayaan perobatan, pasien kurang mampu secara ekonomi ini ditanggung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui dana non register.

“Sebelum pasien diberangkatkan dari Sidempuan, kita berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi. Alhamdulillah perobatan ditanggung lewat dana non register dan ini bagian dari kerjasama provinsi dengan daerah kabupaten dan kota,” jelasnya.

Kemudian, dikarenakan adanya batasan pembiayaan non register itu, kata Sopian, kepesertaan BPJS pasien telah diurus dan tinggal menunggu masa aktivasi.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Padang Sidempuan, Zufri Nasution saat dihubungi mengatakan, BPJS pasien Nenni Sahdiah dan keluarga sudah ada. Hanya saja masa aktivasinya baru mulai berlaku tanggal 11 Maret 2022 nanti.

“Sesuai arahan pak Walikota Irsan Efendi Nasution, pasien sudah dItangani secara medis dan kita juga sudah salurkan bantuan sembako bagi keluarganya,” jelas Zufri.

Sementara, Direktur RSUD Padang Sidempuan dr Masrif Sarumpaet membenarkan pasien atas nama Nenni Sahdiah Siregar sudah dirujuk ke RSUP Adam Malik Medan.

“Sudah dirujuk ke Adam Malik. Hari ini ambulan dan tenaga kesehatan pendampingnya akan kembali ke Sidempuan,” kata Masrip via seluler. (Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *