SM Tampubolon Apresiasi Bank Sampah Daur Ulang IAS Toba

TOBA – Ketua Umum Batak Center Jakarta SM Tampubolon mengapresiasi Bank Sampah IAS Toba di Balige. Ia menyebut bahwa keberadaan Bank Sampah IAS Toba yang diinisiasi oleh Parlin Sianipar dan Prof Enri Damanhuri adalah sebuah terobosan yang luar biasa.

SM mengatakan itu kepada jelajahnews.id ketika meninjau lokasi Bank Sampah IAS Toba di jalan Somba Debata – Balige, Senin (28/3/2022).

“Ya, Bank Sampah ini adalah sebuah terobosan, membuktikan bahwa kita ikut peduli terhadap lingkungan. Bapak Parlin Sianipar tadi menjelaskan bahwa kedepan masih akan ada alat pengolahan yang lebih canggih, struktur manajemennya juga akan dibenahi dalam waktu dekat,” pungkas SM Tampubolon.

Lebih jauh, lanjut SM, bahwa kehadiran sebuah Bank sampah disebuah daerah memiliki peran penting dalam pengelolaan lingkungan, kebersihan bahkan kesehatan. Bahkan hal pertama yang diperoleh dari pemanfaatan sampah adalah kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat di wilayah sekitar.

Disamping itu, pemanfaatan sampah melalui daur ulang juga akan membantu para pelaku dan penggiat sampah, bahwa akan ada tambahan penghasilan dari sampah, apalagi jika dikelola dengan baik, semisal menjadikan sampah sebagai bahan baku untuk membuat produk yang berguna.

Senada dengan itu, Parlin Sianipar berharap agar masyarakat di Toba semoga semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan, bahwa semua jenis sampah dapat dimanfaatkan untuk daur ulang dan IAS Toba bersedia menampung sampah.

“Silahkan masyarakat datang kesini membawa sampah, nanti akan ada petugas yang menerimanya dan menghitungnya sesuai klasifikasi sampah,” jelasnya. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *