Presiden Jokowi Resmikan Jalan Bypass Balige

TOBA – Mengawali rangkaian kunjungan kerja di Sumatera Utara Presiden Joko Widodo langsung menuju Kota Balige, Kabupaten Toba.

Setiba di Bandara Udara Silangit Tapanuli Utara Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Bypass Balige, Kabupaten Toba, Rabu (2/2/2022).

Peresmian itu ditandai dengan menandatangani prasasti yang telah disediakan.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Toba Poltak Sitorus.

Amatan jelajahnews.id, pada setiap persimpangan jalan disepanjang jalan Bypass telah dipenuhi warga demi melihat rombongan Kepala Negara lewat.

Antusiasme warga sekitar dan termasuk pula para Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan setia menanti hingga rombongan berlalu menuju Porsea

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menyebut bahwa jalan Bypass Balige dibangun secara bertahap sejak 5 tahun yang lalu dan menelan biaya Rp176 miliar.

Jalan tersebut dibangun untuk mencegah terjadinya kemacetan yang terjadi di Kota Balige dan sekitarnya.

“Jalan ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kemacetan di kota Balige, jadi jalan ini sifatnya lingkar Bypass sehingga traffic-traffic yang sifatnya go through tidak melalui Balige, itu bisa melalui jalan lingkar ini,” ujar Hedy.

Selain itu, jalan sepanjang 9,8 km tersebut juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan meningkatnya kelancaran transportasi serta aksesibilitas antar kawasan di sekitar Kota Balige.

“Ini akan memperbaiki, meningkatkan aksesibilitas untuk kawasan-kawasan di sekitar Balige. Jadi ini juga akan membentuk ruang pengembangan kota balige ke depan,” ungkap Hedy.

Salah seorang warga Desa Siguti, Nyonya Marpaung Br Sianipar yang ditemui di simpang Siguti meluapkan kegembiraannya sebab dengan dibukanya jalan Bypass itu para warga di Desanya sudah sangat dimudahkan baik menuju arah Tampahan atau ke arah Tambunan.

“Jika sebelumnya kami arah Tampahan maka kami harus lebih dahulu kota Balige, sekarang kami sudah lebih cepat dan menyingkat waktu sekitar setengah jam,” sebutnya.

Warga Balige khususnya sepanjang jalan Bypass sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada Presiden atas adanya pembangunan jalan Bypass tersebut.

“Tentu kita sangat berterima kasih kepada bapak Jokowi atas segala bantuan dan pembangunan yang nyata sudah kami rasakan manfaatnya,” ucap pria sepuh di sebuah warung Kopi. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *