Minat Baca Rendah, Bupati Tapsel Ajak Ramaikan Perpustakaan Daerah

TAPSEL – Minat baca dalam perpustakaan di Kecamatan Tapanuli Selatan masih tergolong rendah dan untuk mengatasi itu sekolah harus membuat program agar memanfaatkan fasilitas perpustakaan di daerah masing-masing.

Hal itu terungkap saat Bupati Tapsel Dolly Pasaribu melantik Pengurus Daerah Kecamatan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Kabupaten Tapsel periode 2022-2025 di Aula Kantor Camat Batang Toru, Selasa (17/5/2022).

Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu kepada pengurus zona Batangtoru untuk di kibarkan.

Adapun pengurus yang dilantik zona Kecamatan Batang Toru, Kecamatan Muara Batangtoru, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kecamatan Marancar dan Kecamatan Angkola Barat.

Diharapkan Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar koordinasi ke pihak sekolah supaya membuat agenda rutin, paling tidak satu kali per semester ke perpustakaan di daerah guna membangkitkan aktifitas perpustakaan.

Bupati mengatakan dua tahun belakangan perpustakaan di Tapsel sepi pengunjung karena masa pandemi Covid-19. Bahkan ia melihat kondisi minat baca di Indonesia sangat prihatin di antara negara-negara lain.

“Menurut data dunia, Indonesia kurang lebih hanya empat persen yang menamatkan membaca dalam satu buah buku per bulan selama setahun, yang membuat hal tersebut begitu memprihatinkan,” katanya.

Bupati juga berbagi pengalaman saat masih di bangku kuliah ia termasuk yang gemar membaca buku. Namun terkadang buku yang hadir judul dan isinya cukup menarik, sehingga ia cukup sering membeli buku namun buku sebelumnya belum habis dibaca.

Untuk menaikkan minat baca adalah dengan cara lebih dulu mendapatkan gambaran inti sari dari sebuah buku yang terdapat di bagian kata pengantar, kutipan penulis pada bagian uraian akhir pembahasan buku, tanggapan pembaca atas buku tersebut dan mencoba memberikan hipotesis yang dihubungkan dengan manfaat dari buku tersebut bila dibaca dan dengan membacanyalah akan menemukan jawaban atas hipotesis tersebut.

“Sehingga muncul dorongan untuk membacanya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua PD-GPMB Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu melantik Ny Diana Mara Tinggi sebagai Ketua PD GPMB Kecamatan Batang Toru, Ny Evidiani M Thohir sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Barat, Ny Soraya Faisal Chandra Hasan sebagai Ketua GPMB Kecamatan Muara Batang Toru, Ny Shinta Fahrizal Islami sebagai Ketua GPMB Kecamatan Angkola Sangkunur, dan Ny Rizky Dedi Pasaribu sebagai Ketua GPMB Kecamatan Marancar. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *