Walikota Sidempuan Panen Perdana Tanaman Cabe Merah

SIDEMPUAN – Pemko Padang Sidempuan melalui Dinas Ketahanan Pangan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Martabe melakukan Panen Perdana Demplot Tanaman Cabe Merah di Desa Bargot Topong, Batunadua, Kecamatan Padang Sidempuan, Kamis (24/2/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Padang Sidempuan, Chairunnisa Daulay menyampaikan kegiatan ini merupakan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), juga dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian berkelanjutan.

Kegiatan yang dilaksanakan kelompok Wanita Tani, secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan atau lahan kosong yang tidak produktif untuk dimanfaatkan sebagai tempat bertanam, sehingga program ini dapat secara berkelanjutan.

“KWT Martabe Desa Bargot Topong ini menaman setidaknya 2400 batang cabai merah, diluas lahan seluar 700 meter persegi. Diharapkan, panen cabai ini dapat meraup 1,7 s/d 2,4 Ton. Dengan harga dipasar perhari ini sekitar 35 ribu,” kata Chairunnisa Daulay.

Sementara, Walikota Padang Sidempuan, Irsan Efendi Nasution menyampaikan merasa senang datang menghadiri panen perdana tanaman cabai merah bersama KWT Martabe di Desa Bargot Topong.

Menurutnya, Desa Bargot Topong di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk lebih giat dalam produktivitas pertanian, sehingga kebutuhan di Kota Padang Sidempuan dapat terpenuhi.

Beliau juga mendorong agar masyarakat di desa menjadikan aset lahannya lebih produktif.

“Jangan diamkan lahan-lahan milik kita itu bapak ibu, dengan diisinya lahan-lahan berbagai komoditas holtikultura akan menghasilkan nilai ekonomis. Pada akhirnya, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan para penyuluh-lah yang menjadi garda terdepan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kota Padang Sidempuan,” ujarnya.

Turut hadir Camat Padang Sidempuan Batunadua, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pertanian, Kabag Perekonomian, Kepala Desa Bargot Topong dan Ketua KWT Martabe. (JNS/Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *