Revitalisasi Huta Siallagan Telan Biaya Rp30 Miliar dan Kampung Ulos Hutaraja Rp25,8 Miliar

SAMOSIR – Presiden Joko Widodo telah meresmikan revitalisasi pembangunan Huta Siallagan dan Kampung Ulos Hutaraja, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Peresmian tersebut dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di hari pertamanya di Kabupaten Samosir, Rabu (2/2/2022) kemarin.

Berdasarkan data Kementerian PUPR yang diperoleh jelajahnews.id, Kamis (3/2/2022), pembangunan kawasan Huta Siallagan yang berada di atas lahan seluas 11 ribu meter persegi tersebut dilakukan selama 2020-2021 dengan menelan biaya Rp30 miliar.

Penataan kawasan itu meliputi sejumlah lingkup pekerjaan, revitalisasi Rumah Bolon Eksisting, Ekstensi Rumah Bolon, Rumah Bolon Baru, pusat souvenir, Batu Persidangan, Sopo Anting dan sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Sementara, penataan Kampung Ulos Huta Raja yang memiliki luas lahan 16 ribu meter persegi dilakukan selama tahun 2020-2021 dengan menelan biaya Rp25,8 miliar.

Penataan kawasan itu meliputi revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Souvenir, penataan Pagar Makam, Amfiteater/plaza, warung kopi dan toilet umum.

Disela-sela peresmian, Presiden Jokowi mengapresiasi penataan kawasan tersebut sehingga menjadi lebih menarik, tertata rapi, dan berkelas.

“Saya bersyukur hari ini bisa melihat bahwa Huta Siallagan beserta lingkungan sekitarnya sudah direvitalisasi, sudah ditata kembali. Sehingga, restorasi ini akan kita harapkan selain untuk konservasi adat budaya juga untuk destinasi pariwisata yang sangat menarik, tertata rapi, dan memiliki kelas,” ujar Presiden.

Presiden juga menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang cendera mata dan souvenir yang ada di kawasan Huta Siallagan.

Dari Huta Siallagan, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Kecamatan Pangururan.

Disana Jokowi disambut dengan tarian tor-tor dan penyematan Ulos motif ‘bolean na mardukit’ yang bermakna semakin besar, semakin berhasil dan semakin gemilang dalam memimpin.

Presiden Jokowi berharap penataan Kampung Ulos Huta Raja ini dapat membantu upaya pemerintah dalam menjaga serta melestarikan warisan pusaka Tanah Air.

“Semoga dengan revitalisasi ini, konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi sempat berbincang-bincang dengan para pengrajin kain ulos (Partonun).

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini, semuanya ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR,” tutup Jokowi.

Turut hadir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Wakil Bupati Martua Sitanggang, Ketua DPRD Samosir Sorta Ertaty Siahaan. (SJN/fb/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *