PT. NSHE – USU MoU Pengembangan Proyek PLTA Batangtoru Berkelanjutan

TAPSEL– PT. North Sumatera Hydro Energy (PT. NSHE) dan Universitas Sumatera Utara (USU) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk melakukan kerja sama strategis.

Kegiatan penandatanganan MoU ini digelar di aula atau ruang Meeting Rektorat Universitas Sumatera Utara, Kota Medan Provinsi Sumut (25/07/23)

Penandatanganan ini dalam hal Pendampingan, Pengkajian dan Penerapan Teknologi serta Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hal ini dilakukan guna mendukung Pengembangan Korporasi dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkelanjutan di Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru.

MoU ini mencerminkan komitmen kuat dari kedua belah pihak untuk bersama-sama memajukan proyek PLTA Batangtoru dengan menggabungkan pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang dimiliki oleh PT. NSHE dan keunggulan akademis dari USU.

Adapun poin-poin utama yang tercakup dalam Nota Kesepahaman yakni:

1. Pendampingan, Pengkajian, dan Penerapan Teknologi: PT. NSHE dan USU akan saling bekerja sama dalam menerapkan teknologi terkini yang berkelanjutan dalam operasional PLTA Batangtoru.

USU akan memberikan panduan teknis dan saran ahli yang berhubungan dengan pengembangan teknologi terbaru di sektor energi dan kelistrikan.

2. Pendidikan dan Pelatihan: Melalui MoU ini, PT. NSHE dan USU sepakat untuk menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bagi karyawan PT. NSHE yang terlibat dalam proyek PLTA Batangtoru.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan.

3. Penelitian Kolaboratif: Kedua belah pihak akan merangkul penelitian bersama dalam berbagai aspek teknologi energi terbarukan, manajemen lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan yang berhubungan dengan PLTA Batangtoru.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan PLTA Batangtoru dan mendorong inovasi dalam sektor energi.

4. Pengabdian kepada Masyarakat: PT. NSHE dan USU berkomitmen untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sekitar area proyek.

Melalui program-program ini, akan dilakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memberdayakan ekonomi lokal, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya energi terbarukan.

Dalam keterangannya, Fauzi Leilan sebagai Direktur Urusan Luar PT. NSHE menyatakan, pihaknya optimis dengan potensi kerja sama ini dikarenakan, MoU dengan USU akan memberikan dukungan yang sangat berarti bagi proyek PLTA Batangtoru.

“Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membawa manfaat jangka panjang dan berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar area proyek PLTA Batangtoru melalui beberapa program kerja kami.” ujarnya.

Muryanto Amin sebagai Rektor USU juga dengan baik menyambut penandatanganan nota kesepahaman antara PT. NSHE dengan USU ini.

Peran USU sebagai mitra akan didasarkan pada pengalaman luas dibidang penelitian, pendampingan, serta pengkajian yang diharapkan dapat berkontribusi secara holistik dalam pengembangan internal PT. NSHE, melampaui batasan penerapan teknologi semata.

MoU ini diharapkan akan menjadi landasan kuat bagi PT. NSHE dan USU untuk mencapai tujuan bersama dalam memajukan proyek PLTA Batangtoru serta berkontribusi positif dalam pengembangan sektor energi terbarukan di wilayah Tapsel. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *