Poso Poso Preneur Program Ciptakan Talenta Digital dan Wirausaha Baru di Tapsel

TAPSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar program Boot Camp Poso Poso Preneur khusus bagi pemuda pemudi.

Program yang sudah berjalan sejak kick off di awal Agustus 2023 ini menggandeng tempat pkl sebagai fasilitator pendamping, sekaligus tempat diadakannya Boot Camp Poso Poso Preneur.

Founder tempat pkl, Sugianto mengatakan, pada boot camp ini peserta mendapatkan materi tentang kewirausahaan di era teknologi digital.

“Seperti mindset dan karakter wirausaha, skill digital seperti desain grafis, pembuatan konten video promosi dan edukasi, photo produk, pengelolaan social media, promosi produk di marketplace, strategi digital marketing, dan peserta juga dibekali softskill leadership dan publik speaking,” ujar Sugianto yang merupakan lulusan magister komputer dari Universitas Sumatera Utara (USU) ini, (20/11/23).

Bupati Tapanuli Selatan, H Dolly Pasaribu berharap, muara dari program ini adalah melatih jiwa kewirausahaan pemuda dan pemudi di era digital seperti sekarang ini.

“Kami berharap ke depannya mereka bisa mencreate lapangan kerja baru dengan memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial dan marketplace agar mereka siap bersaing serta berkontribusi di tengah-tengah masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah dan membantu perekonomian keluarga,” kata Dolly Pasaribu melalui pesan singkatnya.

Menurutnya, banyak sekali potensi dan produk khas Tapsel yang harus diekspos dan dikenalkan secara global. “Seperti kain tenun sipirok, kopi, gula semut, dodol salak, hasil olahan ikan, manik-manik, jajanan tradisional khas Tapsel dan tempat wisata-wisata yang potensial untuk terus dipromosikan,” sebutnya.

Dolly juga mengatakan, Bootcamp Poso Poso Preneur telah mengirimkan perwakilan pemuda pemudi dengan pelaksana kegiatan oleh dinas pariwisata, dinas koperasi UKM, dinas perindustrian, ketenagakerjaan, dan dinas perpustakaan daerah.

“Harapannya, program Poso Poso Preneur ini terus berlanjut dan bersinergi dengan semua dinas-dinas terkait lainnya. Kegiatan ini sangat positif dan disambut baik oleh masyarakat khususnya pemuda-pemudi Tapsel merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat Tapanuli Selatan,” pungkasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *