Peringkat 5 Realisasi Pendapatan Daerah, Bupati Tapsel Terima Penghargaan

TAPSEL – Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sukses meraih penghargaan peringkat ke-5 Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi se-Indonesia.

Penghargaan itu langsung diterima Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dalam Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah Tahun 2022 oleh Kementerian Dalam Negeri hari ini, Kamis (2/05/2022) siang.

“Alhamdulillah. Alhamdulillah. Terima kasih atas atensi semangat kawan-kawan Perangkat Daerah Tapsel,” ucap Dolly Pasaribu dalam akun instagram pribadinya beberapa saat lalu.

Adapun ke-5 peringkat Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi se-Indonesia adalah, 1. Bojonegoro, 2. Bengkalis, 3. Kota Waringin Barat, 4. Tulungagung, 5. Tapanuli Selatan (Tapsel).

Sebelumnya, Kabupaten Tapanuli Selatan masuk dalam 15 Besar Kabupaten terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah dari 416 Kabupaten di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan diundangnya Bupati Dolly Pasaribu dalam Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah Tahun 2022 oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Dikutif dari berbagai sumber, ada tiga indikator untuk mengatur kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pertama dan utama adalah penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang tepat waktu.

Indikator kedua yaitu tingginya penyerapan APBD dan yang ketiga adalah ketepatan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), kualitas opini pemeriksaan keuangan oleh BPK dan perbaikan atas indeks persepsi korupsi. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *