Peringati HUT ke-74, Polwan Polres Sidempuan Kunjungi Sekolah Cerdas Bermedsos

SIDEMPUAN – Polwan Polres Padang Sidempuan menggelar kegiatan Polwan Goes to School dalam memperingati hari jadi ke-74. Polwan mendatangi SMP Negeri 8 Padang Sidempuan dan SMK Negeri 1 Padang Sidempuan, Senin (8/8/2022).

Polwan Goes to School ini mengambil tema, “Cerdas dan Aman Bermedia Sosial”. Dipimpin oleh Iptu Ida Meri bersama perwira Polwan Polres Padang Sidempuan selaku narasumber.

Kegiatan Polwan di dua sekolah ini memaparkan materi tentang cerdas dan aman bermedia sosial. Kepada siswa yang mengajukan pertanyaan akan diberikan hadiah berupa buku tulis.

Dalam materinya, Iptu Ida Meri memberikan tips dan kiat agar aman dalam memanfaatkan media sosial, dan ada hal-hal yang harus diwaspadai ketika terkoneksi dengan internet atau dunia digital saat saling bertukar informasi.

“Dibalik kemudahan bermedia sosial, ada hal yang perlu kita pahami terutama bagi adik-adik siswa sekolah. Bila kita lalai dalam menyebarkan informasi tanpa fakta yang benar atau melakukan bullying lewat sentuhan jari-jemari kita tanpa disadari bisa berurusan dengan hukum,” kata Iptu Ida Meri.

Untuk itu, lanjutnya, jangan sampai dalam bermedia sosial merugikan orang lain ataupun diri sendiri yang nantinya akan disesali di kemudian hari. Jangan sampai informasi yang kita sebarkan salah alias hoax.

“Hal ini wajib diperhatikan utamanya bagi yang masih usia sekolah dan remaja. Kita harus pandai memilah informasi yang masuk dan teliti juga dalam menyebarkannya di media sosial. Jadilah pengguna media sosial yang cerdas, utamanya dalam memilih akun yang diikuti,” ucapnya.

Usai kegiatan, Kasi Humas Polres Padang Sidempuan, AKP Maria Marpaung menyampaikan, kegiatan Goes To School yang dilaksanakan ini dalam rangka memperingati hari jadi ke 74 tahun 2022 Polwan.

“Diharapkan kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi remaja dan siswa sekolah dan yang utama Polisi bisa hadir di tengah masyarakat khususnya siswa sekolah,” kata Maria.

Sementara, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Padang Sidempuan dan SMK Negeri 1 Padang Sidempuan menyampaikan apresiasi atas kegiatan Polwan Polres Padang Sidempuan melalui Goes to School, sehingga menambah pengetahuan dan wawasan bagi siswa/siswi.

“Kegiatan seperti ini diharapkan bisa berkelanjutan, dengan materi yang berbeda, baik masalah tindak pidana umum, penyalahguna narkoba maupun tertib lalu lintas, sehingga para remaja maupun siswa sekolah dapat terhindar dari masalah hukum,” kata mereka. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *