Meriahnya Pelantikan SPRI Tapanuli Utara Sebagai Barometer Berita dan Sosial Kontrol

TAPUT – Ketua Umum DPP SPRI Haintje D Mendagi resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Serikat Pekerja Pers Indonesia (SPRI) Cabang Tapanuli Utara di Gedung Sopo Partungkoan, Tarutung, Tapanuli Utara, ditulis Senin (25/4/2022).

Haintje D Mendagi menyampaikan, bahwa organisasi SPRI terbentuk di Jakarta tahun 2011 dan salah satu fungsinya adalah untuk ikut memperjuangkan nasib para jurnalis di seluruh Indonesia.

Haintje menjelaskan, DPP SPRI ikut berperan dalam mewujudkan sertifikasi kewartawan bekerja sama dengan Kemenkominfo. Saat ini DPP membuat gebrakan dalam bentuk sertifikasi kewartawanan.

”DPP SPRI, secara khusus telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) agar para wartawan disertifikasi keabsahannya oleh Kemenkominfo dan dan Lembaga Sertifikasi Republik Indonesia, BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” katanya.

Haintje berharap, setiap Pemkab dapat bekerjasama dalam mewujudkan kolaborasi yang saling menguntungkan dan SPRI Tapanuli Utara yang baru dilantik mendapat dukungan dari Pemkab Taput

”Dengan terbentuknya SPRI DPC Taput, maka diharapkan dapat berkolaborasi dengan jajaran pemerintahan dan pemangku kepentingan di Taput, memberikan ide-ide untuk pembangunan sekaligus dapat berperan sebagai sosial control di wilayah Taput,” harapnya.

Ia pun mengucapkan selamat bertugas kepada jajaran pengurus DPC SPRI Cabang Tapanuli Utara yang baru dilantik.

Ketua DPC SPRI Tapanuli Utara Lamhot Silaban menyampaikan, dengan dikukuhkannya DPC SPRI di Tapanuli Utara, diharapkan para Wartawan yang tergabung dalam SPRI dapat menjadii barometer dalam liputan dan pemberitaan baik media cetak dan online.

”Dengan dilantiknya DPC SPRI Taput, dapat memberikan warna baru dalam pemberitaan dan peliputan yang bekerja secara profesional dan menjungjung tinggi kode etik jurnalistik,” sebutnya.

Lamhot mengapresiasi dan berterima kasih atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya dan bersama pengurus lainnya, akan mengembangkan SPRI di Kabupaten Taput.

Sementara itu, Bupati Taput melalui Staf Ahli Bupati, Eliston Tobing menyampaikan bahwa, pemerintah daerah mendukung atas terbentuk dan dikukuhkannya DPC SPRI Cabang Tapanuli Utara.

Turut hadir, mewakili Kapolres Taput diwakili, mewakili Ketua Pengadilan Negeri, pengurus PWI Taput diwakili Candra Sirait, para anggota SMSI dan organisasi kepemudaan lainnya. (JNS/JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *