Menuju Toba Bersih, Bupati Dorong ASN Sebagai Agen Perubahan

TOBA – Bupati Toba, Poltak Sitorus mengikuti webinar dengan Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan di Ruang Media Center Kabupaten Toba, Selasa (15/2/2022).

Turut hadir dalam webinar, Asisten Perekonomian Toba Jonni DP Lubis, Plt Kadis Kominfo Sesmon Butarbutar, Plt Kadis PUPR Gumianto Simangunsong, Plt Kadis Perkim Tagor Siburian, Kabag Tapem Samuel Lumbanraja, Kabag Protokol Try Sutrisno Samosir dan Kabid PSLBSPP PLH Rina Sondang.

Usai webinar, Bupati Toba mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menjadikan Toba sebagai kota yang bersih. Ia juga berharap kepada Aparatur Sipil Nasional (ASN) agar memberikan tauladan serta bertindak sebagai agen perubahan mewujudkan Toba yang bersih.

Sementara, dalam webinar tersebut, Walikota Surabaya Eri Cahyadi memaparkan kegiatan kebersihan Kota Surabaya.

Eri Cahyadi memberi contoh kongkrit terkait berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kota Surabaya, dan upaya mereka dalam merubah Kota Surabaya menjadi kita yang bersih.

Lantaran Bupati Toba tertarik atas paparan Walikota Surabaya tersebut, Poltak meminta Eri berbagi cara dan pengalaman bagaimana merubah perilaku masyarakat agar masyarakat bersedia secara bersama dan turut mendukung untuk menjaga kebersihan di wilayahnya.

Menanggapi niat baik dari Bupati Toba, Walikota Surabaya menyampaikan beberapa hal yang telah dilaksanakan, diantaranya memunculkan persaingan yang positif di lingkungan masyarakat untuk saling berlomba meningkatkan kebersihan di lingkungannya, memberikan penghargaan bagi masyarakat yang telah berperan menjaga kebersihan dan mendukung UMKM, sehingga masyarakat merasa dihargai serta memperoleh nilai ekonomis dari hal yang telah dilaksanakan.

Poltak, juga menjelaskan bagaimana peran para ASN di lingkungan pemerintah daerah turut memberikan sumbangsih menciptakan budaya bersih ditengah masyarakat.

Menimpali itu, Kepada Pimpinan OPD yang hadir, Poltak menekankan agar apa yang sudah didengar bersama harus dapat diterapkan secara langsung di Kabupaten Toba.

“Dimulai dari perubahan perilaku, saya harap para ASN dapat memberikan contoh konkrit ditengah masyarakat, di lingkungan kerja dan di keluarga,” tegas Poltak.

Bupati Toba juga berharap agar masyarakat yang berperan aktif dalam menjaga kebersihan diwilayahnya agar diberikan penghargaan. “Bila perlu berikan subsidi untuk menambah minat masyarakat,” sebut Poltak Sitorus. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *