Kabupaten Karo Jadi Tuan Rumah Pra Musrenbang RKPD Provsu Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi

Karo3 views

KARO –  Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin secara resmi membuka acara Pra Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Hotel Sibayak Berastagi, Selasa (16/01/2024).

Pada kesempatan ini, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan rasa terimakasih terkhusus kepada Pj. Gubernur Sumatera Utara karena merupakan satu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Karo pada tahun 2024 bisa menjadi tuan rumah penyelenggaran Pra Musrenbang RKPD Zona Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara Tahun 2025.

“Sebagai tuan rumah besar harapan kami penyelenggaraan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan menghasilkan kontribusi yang nyata bagi perencanaan dan tentunya kemajuan perekonomian dan pembangunan di Sumatera Utara”, ungkap bupati karo.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang  menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karo telah menyusun dan membahas dokumen Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Karo tahun 2025-2045 pada forum konsultasi publik pada Desember tahun 2023 sehingga saat ini pada tahap penyempurnaan.

“Harus terdapat keselarasan pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk 20 tahun kedepan yang diawali dengan sinkronisasi dokumen perencanaan”, lanjut Bupati karo.

Bupati Karo berharap adanya bimbingan dari Pj. Gubsu melalui Bappelitbang Provsu untuk senantiasa mengasistensi penyusunan dokumen perencanaan di Kabupaten termasuk Kota di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Pj. Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin dalam sambutan dan arahannya juga menyampaikan bahwa Sumatera Utara memiliki 4 Zona yakni Zona Dataran Tinggi, Zona Pantai Timur, Zona Pantai Barat dan Zona Kepulauan Nias. Untuk itu, Pra Musrembang RKPD Zona Dataran Tinggi Tahun 2025 ini sangat penting dalam mewujudkan Sumatera Utara Hebat.

“Zona Dataran Tinggi ini memiliki potensi yang luar biasa di bidang Pariwisata dan Pertanian. Dalam mendukung upaya pengembangan potensi di daerah ini perlu di tingkatkan SDM Yang berkualitas, kelembagaan ekonomi masyarakat, sarana dan prasarana produksi dan infrastruktur yang mendukung perekonomian”, ungkap Pj.Gubsu.

Menurut Pj Gubsu, ada berapa prioritas yang menjadi rencana pembangunan di Sumatera Utara yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif dan peningkatan kualitas infrastruktur berkelanjutan.

“Kita berharap Pra Musrembang ini bisa mengumpulkan ide-ide dan gagasan yang membawa perubahan lebih baik bagi pembangunan di seluruh wilayah Sumatera Utara,” Pungkas Pj. Gubsu.

Usai membuka Pra Musrenbang, Pj Gubernur Sumut dan Bupati Karo mengunjungi Bus Layanan Kesehatan. Juga menemui sejumlah warga yang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, salah satunya Boru Ginting, yang ingin periksa darah.

Turut hadir Sekdaprovsu, Arif S Trinugroho, Para kepala daerah di dataran tinggi Sumatera Utara yaitu, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Brutu, Bupati Humbang Hasudutan Dosmar Banjarnaor, Bupati Pakpak Barat,Franc Bernad Tumanggor, Walikota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani, Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Wakil Bupati Tapanuli Utara, Sarlandy Hutabarat dan tamu undangan lainnya. (Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *