IAS Toba Resmikan Bank Sampah Unit di Desa Tarabunga

TOBA – Bank Sampah Daur ulang IAS Toba kembali melakukan sosialisasi sekaligus meresmikan unit bank sampah di Desa Tara bunga, Kecamatan Tampahan, Toba,Kamis ( 31/3/ 2022).

Setelah sehari sebelumnya, Pengurus Kabupaten juga mengukuhkan dan meresmikan Bank Sampah Unit Desa Meat Toba.

Mengawali sambutannya, Kepala Desa Tarabunga, Robert Fedelis Siahaan mengucapkan terima kasih kepada warga yang datang dalam pertemuan tersebut dan berterima kasih atas kehadiran pengurus bank sampah induk IAS Toba- Balige.

“Beliau ini, adalah bapak Parlin Sianipar dan Ibu Sinaga dari Bank Sampah Induk IAS Toba, bapak ini seorang pensiunan namun meskipun sudah usia lanjut tapi Beliau masih tetap ingin berkarya khusunya di Toba, salah satunya adalah mendirikan bank sampah yang diberi nama IAS Toba. Oleh sebab itu, jika beliau bisa berbuat sesuatu kepada orang lain khususnya kepedulian terhadap kebersihan untuk orang lain, kenapa kita tak bisa melakukannya, minimal untuk diri keluarga dan lingkungan kita sendiri,” sebut Kades memberi motivasi

Lebih lanjut, Kades menerangkan bahwa desa yang dipimpinnya sudah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata sehingga diharapkan agar semua pihak harus saling bahu membahu dan berharap bahwa 10 tahun kedepan Desa Tarabunga dapat menjadi salah satu desa percontohan di Indonesia

“Desa kita harus bersih dari Sampang, agar mendukung keindahan dan menarik perhatian pengunjung. Jadi dengan ini, Bank Sampah Desa Tarabunga yang dikelola oleh Ibu ibu PKH resmi kita mulai,” sebut Kades diiringi tepuk tangan.

Pada kesempatan itu, Parlin Sianipar setelah memperkenalkan diri juga memberi motivasi agar kebersihan di lokasi wisata Tarabunga bisa dijaga dan ditingkatkan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan namun dikumpulkan dan IAS Toba akan menampungnya dan akan membayar sesuai harga yang ditetapkan.

Riris Sinaga juga menambahkan bagaimana sampah dari desa ini akan dijemput per periode tertentu dan menghitungnya sesuai jenis dan kwalifikasi sampah yang terkumpul.

Hadir dalam pertemuan itu, Tohom Simatupang dan Grace Hutagalung dari Dinas Sosial Toba, Horas Siahaan mewakili Camat Tampahan.(JNS/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *