Ephorus HKBP Temui Presiden, Meminta Perusak Lingkungan Ditindak

BOGOR – Ephorus HKBP (Huria Kristen Batak Protestan), Pdt Robinson Butarbutar dan rombongan menemui Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Rabu (23/2/2022) siang.

Turut mendampingi Ephorus HKBP, Sekjen Dr Victor Tinambunan, Kadep Diakonia Pdt Debora Sinaga, dan Kadep Koinonia Pdt Dr Deonal Sinaga.

Sementara, rombongan Pimpinan HKBP diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan.

“Kami mewakili seluruh warga dan pelayan HKBP berterima kasih atas berkenannya Presiden Joko Widodo menerima Ephorus HKBP, Sekjen, Kadep Koinonia dan Kadep Diakonia di Istana Bogor hari ini,” tulis Ompui, Pdr Robinson Butarbutar kepada jelajahnews.id, Rabu (23/2/2022) sore.

Mengawali pertemuan, Ephorus HKBP dan rombongan memperkenalkan diri kepada Presiden, dan sekaligus melaporkan kinerja Pimpinan HKBP tahun Pemberdayaan 2021, seperti pemberdayaan universitas, sekolah, Rumah Sakit, dan pelayanan sosial khususnya kaum difable serta kerjasama HKBP dengan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang telah terbangun selama ini.

Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar (kanan) dan Sekjen HKBP Pdt Viktor Tinambunan (kiri)

Kemudian, lanjut Ephorus, tahun kesehatian 2022 dengan puncak Launching Sentralisasi Keuangan pada Sinode Agung pada tanggal 24-27 Oktober 2022, pihak HKBP memohon topangan dari Presiden untuk usaha tersebut melalui Badan Usaha HKBP.

“Kami mengundang Bapak Presiden untuk hadir pada tanggal 25 Oktober 2022 agar hadir dalam Sinode Agung tersebut,” kata Robinson.

Selanjutnya, Ephorus juga menyampaikan apresiasi atas kinerja pemerintah yang menyukakan hati warga dan pelayan HKBP di seluruh negeri, juga anak-anak bangsa seperti dibuktikan Survey Balitbang Kompas, yaitu 73,9 persen di bidang mensejahterakan sosial, politik, hukum, penegakan hukum dan perekonomian.

Pun demikian, Ephorus juga mengapresiasi keteladanan Presiden melakukan blusukan untuk mengetahui kondisi masyarakat yang dilayani. Ephorus memerankan itu dengan kunjungan ke Jemaat-Jemaat terpencil pada tahun 2021.

“Secara khusus dalam keberhasilan pemerintah menyelaraskan bidang kesehatan dan perekonomian di dalam menghadapi pandemi Covod-19. Menurut pengamatan HKBP telah mendapat pujian para pemimpin dunia termasuk dari negara-negara maju,” pungkas Ephorus.

Selain itu, HKBP juga mengapresiasi usaha Presiden memajukan negeri termasuk Sumatera Utara (Sumut), secara khusus kawasan Danau Toba, dimana pemerintah membangun infrastruktur, kesiapan budaya pariwisata dan HKBP bekerjasama dengan BPODT.

“HKBP mendukung usaha Presiden menyelaraskan pembangunan infrastruktur di kawasan Danau Toba dengan upaya pelestarian lingkungan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, HKBP juga memohon kepada Presiden agar menindak para pelanggar undang-undang menyangkut lingkungan hidup di kawasan Danau Toba.

Sementara, dalam kesempatan itu Presiden Jokowi mengapresiasi pertemuan serta bantuan HKBP telah ikut menyelenggarakan vaksinasi bersama pemerintah, dan pemerintah akan membantu HKBP melakukan tugas-tugasnya pada tahun kesehatian.

Mengenai pelaksanaan praktis topangan juga ditanggapai Presiden Joko Widodo dengan menyerahkan hal tersebut ke Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan.

Menariknya, Presiden meminta HKBP terus melanjutkan kerjasama dengan pemerintah untuk melayani masyarakat, seperti di kawasan Danau Toba agar mengembalikan marwah keindahan Danau Toba, menyejahterakan warga masyarakat dan melestarikan lingkungan hidup.

Dikatakan Ephorus, bahwa Presiden Jokowi akan memerhatikan tentang pentingnya perusak lingkungan hidup untuk ditindak tegas.

“Secara khusus Presiden menerima undangan HKBP untuk beliau hadir pada Sinode Agung HKBP 24-27 Oktober 2022, beliau akan menyemangati Launching Sentralisasi Keuangan. Beliau meminta kami untuk mengingatkan pelaksanaannya karena beliau akan hadir,” ujar Ephorus. (JNS/r)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *