Entaskan Kemiskinan, Warga Tapsel Terima Buku Tabungan Program BSPS

TAPSEL – Demi mengentaskan kemiskinan di tengah masyarakat, pemerintah berupaya terus memperbaiki kualitas rumah kategori tak layak huni menjadi rumah yang layak huni.

Program ini di canangkan Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan yang dilaksanakan oleh Balai Penyedia Perumahan Sumut II.

Olehnya, Bupati Tapsel Dolly Pasaribu menyerahkan secara simbolis buku tabungan penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tapsel atau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada masyarakat Saipar Dolok Hole di Kantor Camat Saipar Dolok Hole, Selasa (19/4/2022).

Bupati berharap, setelah adanya proses pemberian buku tabungan, kiranya dijaga nama baik Tapsel dan dimohon jangan ada kecemburuan kepada yang lain, akan tetapi pergunakanlah secara maksimal demi memperbaiki rumah yang lebih baik lagi.

“Saya minta kepada bapak/ibu semua, agar jangan terlambat mengisi daftar belanjanya, tapi walaupun demikian mohon bapak/ibu ini dibantu terkait proses pengisian daftarnya supaya cepat terealisasi pencairannya,” pesan Bupati.

Sebelumnya, anggota DPRD Tapsel Fraksi Golkar Ahmad Rawi Ritonga berharap kepada semua yang menerima bantuan untuk selalu mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan, dan bantuan ini masih tahap awal untuk pembangunan bedah rumah yang ada di Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Sekedar diketahui, program BSPS ini sudah ada sejak tahun 2017 dengan kuota sebanyak 120 unit, tahun 2018 ada 244 unit, tahun 2019 ada 545 unit, tahun 2020 ada 400 unit, tahun 2021 ada 44 unit dan tahun 2022 tahap pertama Pemkab Tapsel mendapatkan kuota 353 unit, bersumber dari APBN 323 unit dan dari APBD 30 unit dengan total keseluruhan 1706 unit.

Sedangkan untuk tahap pertama dari 353 unit. Kecamatan Saipar Dolok Hole mendapatkan 103 unit diantaranya Desa Silangkitang Tambiski 23 unit, Desa Pintu Padang Mandalasena 24 unit, Desa Parau Sorat Sitabo-tabo 34 unit dan Desa Batang Parsuluman 22 unit.

Lebih lanjut, kata Rawi, mungkin rejeki tahun ini ada pada bapak/ibu semua dan harapannya ini mohon dijaga untuk pembangunan bedah rumah ini agar secepatnya tuntas. Sebab masih banyak saudara-saudara yang lain belum selesai prosesnya dan harapannya dapat berlanjut dari tahun ke tahun.

Mewakili Masyarakat Saipar Dolok Hole, Kupon Harahap mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan anggota DPRD yang telah memberikan bantuan melalui program BSPS.

“Mudah-mudahan pertemuan kita ini juga diberkati oleh Allah SWT dan menjadi syafaat serta menjadi amal ibadah kepada kita semua baik di dunia maupun di akhirat,” katanya.

Turut hadir, Plt Kadis Perkim, Camat Saipar Dolok Hole, pimpinan Bank Mandiri dan masyarakat penerima program BSPS. (JNS/Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *