Dekranasda Toba Pamerkan Produk Unggulan di Even Inacraf 2022

TOBAKetua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Toba (Dekranasda Toba) Rita Marlina Poltak Sitorus mengikuti ajang perhelatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Perhelatan yang berlansung sejak tanggal 23 Maret hingga 27 Maret 2022 ini, keikutsertaan dekranasda Toba dalam even tersebut, dimaksudkan agar berbagai produk unggulan dari Kabupaten Toba dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Rita Marlina Poltak Sitorus, sesaat setelah Presiden Joko Widodo resmi membuka Inacraft tahun 2022 mengatakan, bahwa Kabupaten Toba mempunyai produk unggulan seperti Kopi, Jagung, Padi dan Tenun dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri, karena memiliki ciri khas dan kualitas yang dapat bersaing dengan daerah lain.

Produk tenun yang ditampilkan Dekranasda Toba pada ajang itu adalah berupa Ulos Batak, Songket Tuntuman, Tas Bahan Tenun hasil modifikasi, Sirat Stola, Mandar Balige, Kemeja Pria Kombinasi Tenun, dan produk tenun lainnya.

Rita berharap, keikutsertaan Dekranasda Toba pada Inacraf 2022 ini menjadi sarana promosi kerajinan untuk meningkatkan pengetahuan, dan kelak bisa mengikuti ajang di tingkat internasional.

“Even seperti ini merupakan sebuah inovasi dalam memperkenalkan beraneka macam produk dari Toba, agar kita lebih kreatif dalam memajukan kualitas produk unggulan UKM dan dimasa mendatang akan terus kita promosikan,” paparnya.

Rita juga optimis bahwa produk unggulan daerah terutama tenun khas Toba dapat lebih dikenal, dan diminati oleh masyarakat rantau, khususnya suku Batak yang berada di dalam dan luar negeri.

Selain Ketua Dekranasda Toba Rita Marlina Poltak Sitorus, juga hadir Wakil Ketua Dekranasda Toba Erna Tonny M Simanjuntak, Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindagkop Toba dan jajaran pengurus lainnya. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *