Bupati Tapsel Serahkan Bibit Pohon dan Benih Ikan di Kecamatan Sipirok

TAPSEL– Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly P Pasaribu SPt MM menyerahkan 1000 bibit batang pohon dan 1500 benih ikan di Sungai Aek Sinanda di Dusun Hutaimbaru, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Jum’at (15/12/2023) sore.

Dalam sambutannya Bupati Dolly mengatakan, dengan adanya pelaksanaan kegiatan penanaman bibit pohon dan penaburan benih ikan tersebut, kiranya di masa mendatang masyarakat lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Salah satu caranya adalah dengan menanam pohon yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lahan agar nantinya dapat memberikan kontribusi jasa lingkungan yang bernilai tinggi, sehingga indeks kualitas lingkungan hidup dapat meningkat dan ekosistem lingkungan terjaga dengan baik yang pada akhirnya akan menjaga ketersediaan sumber daya air kita di kabupaten ini,” ujar Dolly

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya mengajak ke seluruh masyarakat Sipirok untuk lebih giat menjaga lingkungan, dengan tidak menebang pohon sembarangan, lingkungan desa ditanami tanaman agar asri di pandang, kemudian rawat pekarangan dengan baik.

Tanam yang bisa menyerap air seperti durian, cempedak, bambu beringin, aren, dan juga buah-buahan lainnya, termasuk TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang akhir-akhir ini kita galakkan,” ajak Dolly.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Tapsel, Ongku Muda Atas Sormin menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya konservasi sumber daya air dan pelestarian habitat sungai.

“Adapun bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.000 batang yang terdiri dari, pohon beringin putih, alpukat, durian, dan nangka. Sementara benih ikannya, terdiri dari ikan nila 1.000 ekor, ikan mas 300 ekor, dan ikan jurung 200 ekor,” terang Ongku

Turut hadir, Forkopimcam Sipirok, Kadis Perikanan Tapsel, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Camat Sipirok, Kades Luat Lombang, Ketua Yayasan Ekosistem Lestari, Mewakili PT AR, PT NSHE

Juga hadir perwakilan UGNP, dan UIN Padangsidimpuan, Pemerhati Lingkungan Hidup Tapsel, serta Masyarakat Desa Luat Lombang.Bupati Dolly saat menanam pohon pada giat tanam 1000 pohon dan tebar 1500 bibit ikan. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *