Pemko Siantar Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2023

PEMATANGSIANTAR – Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan drg Irma Suryani MKM mencanangkan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2023. Pencanangan berlangsung di Aula Dharma Wanita Persatuan, Jalan Porsea Kota Pematang Siantar, Jumat (15/12/2023).

Susanti dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irma menerangkan, Gerakan PKK KB Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak (TP) PKK bersama OPD terkait. Di antaranya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, serta Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Pematang Siantar. Tujuannya, meningkatkan cakupan pelayanan yang merata khususnya dalam pelayanan KB, bidang kesehatan, serta kesehatan lingkungan.

Masih kata Susanti dalam sambutan tertulisnya, Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan telah mencapai banyak hal, khususnya dalam mewujudkan mayarakat yang sejahtera. Kontribusi ini diwujudkan secara nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan di tingkat kelompok Dasawisma, posyandu, Institusi Masyarakat Perkotaan (IMP), puskesmas, dan lainnya, terutama pelayanan pada masyarakat pra sejahtera.

“Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah di berbagai tingkatan, memiliki fungsi dan peran strategis dalam pembangunan, khususnya dalam meningkatkan perannya meningkatkan kesejahteraan keluarga, dengan meningkatkan sumber daya manusia, menanggulangi kemiskinan, menekan prevelensi kasus stunting dan mengendalikan angka pertumbuhan penduduk,” katanya.

Susanti berharap kepada stakeholder terkait agar sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dengan mitra kerja, khususnya TP PKK Kota Pematang Siantar dapat berjalan dengan baik dalam meningkatkan cakupan program pembangunan KB dengan prioritas percepatan penurunan stunting di Kota Pematang Siantar.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dalam sambutannya menerangkan Gerakan PKK merupakan suatu gerakan berskala nasional yang berfokus pada pembangunan masyarakat. Dalam prosesnya pembangunan tumbuh dari bawah yaitu dari masyarakat itu sendiri, lahir atas kesadaran dan inisiasi masyarakat, pelaksanaannya dijalankan oleh, dari, dan untuk masyarakat.

TP PKK Kota Pematang Siantar sebagai mitra Pemko Pematang Siantar memiliki peran untuk memfasilitasi masyarakat, merencanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengendalikan kondisi dan situasi di lapangan, serta menggerakkan partisipasi masyarakat agar terlibat aktif dalam program perencanaan sehat dan kelestarian lingkungan hidup.

“Saya meminta kepada semua Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan yang hadir, mari kita bersama-sama berperan aktif dalam mengelola program Keluarga Berencana di Kοτα Pematang Siantar, tidak hanya terfokus pada masalah kependudukan dan keluarga berencana, juga pembangunan keluarga sebagai unit terkecil melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL),” terangnya.

“Tim Penggerak PKK mendukung penuh program pemerintah dalam menurunkan prevelansi kasus stunting di Kota Pematang Siantar,” tukasnya.

Peran PKK sebagai mitra lintas sektor dalam percepatan penurunan stunting, lanjutnya, adalah sebagai agen perubahan untuk melaksanakan pemberdayaan masyarakat agar tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai.

Dalam acara tersebut, diumumkan pemenang Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Kota Pematang Siantar Tahun 2023. juara I Kelurahan Tomuan Kecamatan Siantar Timur, juara II Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari, juara III Kelurahan Suka Makmur Kecamatan Siantar Marihat, juara Harapan I Kelurahan Sipinggol-pinggol Kecamatan Siantar Barat, dan juara Harapan II Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Utara.

Turut hadir, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Pematang Siantar Hasudungan Hutajulu SH, pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar, camat, lurah, dan kader TP PKK. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *