Batak Center Apresiasi 3 Siswa dan Guru Pendamping Peraih Medali Emas

TOBA – Keberhasilan 3 orang siswa-siswi SMP Negeri 1 Narumonda meraih medali emas dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) tahun 2022, mendapat apresiasi dari Batak Center, Jakarta.

Apresiasi itu diberikan dalam bentuk santunan serta piagam penghargaan yang diserahkan di Komplek SMP Negeri I Narumonda, Toba, Jumat (25/3/2022).

Mereka adalah atas nama Nadien boru Panjaitan, Wyndy boru Manurung dan Hilkya Daud Siahaan dengan guru pendamping Donald P Aritonang, berhasil meraih medali emas di tingkat internasional dalam ajang YISF Tahun 2022 dalam penelitian “Pemanfaatan Tuba Saba atau Persicaria Maculosa Sebagai Lotion Anti Nyamuk Ekonomis”.

Kepala Sekolah SMP Negeri I Narumonda Roy Siagian, dalam sambutannya yang diawali dengan memperkenalkan sekolahnya dan ketiga murid beserta guru pendampingnya.

“Dalam meraih prestasi ini, anak didik berlatih selama 3 bulan ini dan melakukan riset bersama tim dan puji Tuhan, sekolah ini berhasil meraih medali emas dengan topik Pemanfaatan Tuba Saba atau Persicaria Maculosa, sebagai Lotion Anti Nyamuk Ekonomis,” tukasnya bangga.

Menurutnya, daun dari Tuba Saba itu diekstrak dan dibuat menjadi lotion, sudah diuji ke nyamuk yang puasa 24 jam, dan ternyata hasilnya sangat efektif menghindari gigitan nyamuk.

Roy menjelaskan, lomba itu dilaksanakan secara daring atau dalam jaringan yang diikuti oleh 22 negara dengan 500 orang team.

Kemudian, pengurus Batak Center, Ir Sintong Maruap Tampubolon (Ketua Umum), Joyce Manik (Membidangi Kebudayaan) dan Parlin Sianipar (Intelektual Thintank), secara khusus datang ke SMP Negeri 1 Narumonda dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan, sekaligus memberikan dorongan semangat kepada para siswa dan guru agar terus meningkatkan ilmu pengetahuan.

Sintong Maruap Tampubolon menyampaikan rasa bangga kepada SMP Negeri I Narumonda, khususnya kepada siswa/i peraih medali dan kepada guru-guru.

“Kami sangat bangga dengan raihan prestasi anak didik sekalian, juga kepada guru-guru pendidik di sekolah ini, dan kami berharap agar kedepan dapat meraih prestasi pada ajang internasional lainnya. Selamat kepada semuanya, kepada guru-guru secara khusus kepada pendamping,” tandasnya.

Kepada jelajahnews.id, Sintong Maruap Tampubolon menjelaskan, kehadiran Batak Center di Toba, khususnya di SMP Negeri I Narumonda adalah berkaitan dengan peran dang fungsi Batak Center dalam memberikan perhatian yang besar, terhadap Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan kepada seluruh putra-putri Batak dari 8 puak/etnis Batak bukan saja di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Disisi lain, Parlin Sianipar juga menyampaikan rasa bangga kepada siswa/siswi dan berharap agar prestasi itu dipertahankan dan ditingkatkan.

“Dengarkan dan laksanakanlah ajaran dari bapak ibu guru, agar kalian dapat menjadi anak yang berbakti, pintar dan meraih ilmu pengetahuan. Anak kami yang meraih medali adalah pahlawan namun tanpa peran guru, kalian tidak mungkin mencapai prestasi ini, jadi para guru adalah pahlawan,” kata Parlin.

Tidak hanya itu, Joyce Manik juga menyampaikan rasa bangganya kepada anak didik di SMP Negeri 1 Narumonda, Kabupaten Toba.

“Tingkatkan terus prestasi ini anak anak ku yang ganteng dan cantik cantik. Kalo andalah the next generation yang nantinya akan menggantikan para pejabat di republik ini,” sebut Joyce. (JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *