Wujud Desa Mandiri, Dua Desa di Tapsel Dapat Penghargaan Dari Kemendes PDTT RI

TAPSEL– Dua desa yakni Desa Simaninggir Kecamatan Sipirok dan Desa Muara Tais 1 Kecamatan Angkola Muara Tais di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mendapat Penghargaan Desa Mandiri dari Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

Piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri dari Kemendes PDTT RI tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Tapsel Dolly Pasaribu di aula Sarasi, Kantor Bupati Tapsel, di Sipirok, dalam rangkaian kegiatan sosialisasi Pemilu 2024 bagi Aparat Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Tapsel, Senin.

Bupati mengatakan, piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri yang diserahkan itu berkat tingginya komitmen dan kerja keras Desa Simaninggir dan Desa Muara Tais 1 selama ini untuk mewujudkan Desa Mandiri.

Kepala Desa Simaninggir Ismail Sitompul, menyampaikan ucapan terima kasih atas motivasi dan perhatian Bupati Tapsel Dolly Pasaribu sehingga mendapat penghargaan desa dengan indikator tertinggi (Mandiri).

“Penghargaan yang di terima ini juga tidak lepas dari perhatian dan kerja sama seluruh jajaran Pemerintahan Desa serta pemangku kepentingan lain demi kemajuan seluruh desa-desa Tapsel termasuk Desa Simaninggir,” ujarnya.

Ismail Sitompul lanjut berharap, di terimanya Penghargaan dari Kemendes PDTT RI ini akan memotivasi semangat seluruh jajaran Pemerintahan Desa Simaninggir bekerja lebih maksimal demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai visi misi desa yang sejalan dengan visi misi mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Kepala Dinas PMD Tapsel Mhd.Yusuf mengatakan, lima level Indeks Desa Membangun (IDM) dimana yang pertama sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju, dan mandiri. Dinilai berdasarkan indeks ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Dari 212 jumlah desa se Tapsel, lanjut Mhd.Yusuf, sebanyak 164 desa diantaranya kategori berkembang, sedang 46 sudah masuk kategori maju, dan dua mandiri. Artinya saat ini tidak ada lagi desa-desa di Tapsel yang masuk kategori sangat tertinggal pun tertinggal. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *