Wali Kota Sidempuan Panen Bawang Merah di Desa Huta Padang

SIDEMPUAN – Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution meminta camat cerdas mencermati situasi dan kreatif berinovasi dalam menjaga ketahanan pangan mengingat pangan merupakan kebutuhan utama.

“Saya harap untuk Camat se-Kota Padang Sidempuan terus berinovasi dalam menjaga ketahanan pangan di Kota Padang Sidempuan,” kata Irsan saat menghadiri panen bawang merah di Desa Huta Padang Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kamis (28/7/2022).

Irsan menyampaikan bahwa upaya menjaga ketahanan pangan dan kesinambungan budidaya bawang merah di Kota Padang Sidempuan perlu menjadi perhatian serius, mengingat komoditas bawang merah memiliki prospek ekonomi yang baik.

Seiring dengan hasil panen bawang merah di Desa Huta Padang, Irsan menyebut hasil panen bawang merah tersebut cukup memuaskan.

“Pemko Padang Sidempuan akan memberikan dukungan yang lebih baik kepada para petani sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian mereka,” ucapnya.

Dalam mengembangkan bawang merah, kata Irsan, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka dapat menjadi komoditi baru yang bakal memenuhi kebutuhan pasar karena peluang cukup terbuka, dan kualitasnya tidak berbeda dengan bawang pada umumnya termasuk ukurannya pun cukup besar.

Mengingat budidaya tanaman bawang merah di Desa Huta Padang memanfaatkan dana desa, Irsan menegaskan bahwa berdasarkan PP Nomor 104 Tahun 2021 mengamanatkan 20 persen dana desa dapat digunakan untuk ketahanan pangan.

Kepala Desa Huta Padang, Ikhawanuddin mengatkan bibit dari budidaya tanaman bawang merah yang dipanen tersebut sebanyak 300 kilogram dan anggarannya bersumber dari dana desa.

“Kami sampaikan kepada Pak Wali Kota, semangat kami petani Desa Huta Padang mendukung Pemko Padang Sidempuan menjadikan Padang Sidempuan sebagai sentra bawang merah,” katanya.

Panen bawang ini dihadiri oleh Kadis Pertanian Padang Sidempuan, Edi Darmawan Harahap, Kadis Ketahanan Pangan, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Ratna Yulianti, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, Camat dan kepala desa. (JNS-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *