Wali Kota Menghadiri Acara Penutupan MTQ ke-35 Tingkat Kecamatan Siantar Marihat

PEMATANGSIANTAR – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA merasa bangga karena tahun ini pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-35 Tingkat Kecamatan Siantar Marihat bisa berlangsung selama dua hari, Jumat (26/01/2023) hingga Sabtu (27/01/2023). Mengingat selama dua tahun berturut-turut sebelumnya, MTQN Tingkat Kecamatan Siantar Marihat hanya berlangsung selama sehari.

“Kita ketahui bersama kegiatan MTQN di Kecamatan Siantar Marihat sudah dua tahun belakangan biasanya pagi dibuka dan malam ditutup. Tapi Alhamdulillah, tahun ini MTQN Kecamatan Siantar Marihat dilaksanakan selama dua hari berturut-turut. Ini suatu keadaan yang cukup membahagiakan dan menggembirakan untuk kita semua,” terang dr Susanti di acara penutupan MTQ ke-35 Tingkat Kecamatan Siantar Marihat, di halaman Kantor Camat Siantar Marihat, Jalan Melanthon Siregar, Sabtu (27/01/2023) malam.

Susanti menyampaikan, salah satu program pembangunan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar yakni menjadikan penguatan nilai-nilai keagamaan menuju masyarakat yang ber-Akhlakul Karimah. Salah satunya, meningkatkan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai keagamaan, khususnya kepada masyarakat salah.

“Kegiatan MTQ ini Insya Allah akan bermanfaat bagi kita semua, terutama di dalam rangka membangun, membentuk masyarakat yang Qurani masyarakat yang mempunyai akhlak yang baik,” kata dr Susanti di acara yang berlangsung di tengah guyuran hujan.

Masih kata dr Susanti, upaya untuk penguatan nilai-nilai agama agar terwujud masyarakat yang berakhlak mulia dan memiliki akhlak yang Qurani, tidak akan selesai dengan MTQ. Melainkan diperlukan peran, sinergi, serta komitmen semua pihak.

Susanti juga mengakui kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Marihat dari sisi penyelenggaraan dan pelaksanaan dari tahun ke tahun peserta semakin berkembang, baik jumlah peserta maupun variasi serta jenis cabang maupun golongan yang dipertandingkan.

“Ini menunjukkan perhatian dan dukungan yang penuh dari Pemerintah Kota Pematangsiantar di dalam meningkatkan kegiatan MTQ demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qurani,” tukasnya.

Tak lupa, Susanti mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan meminta mereka terus berlatih untuk persiapan ke pertandingan ataupun ajang-ajang berikutnya, seperti MTQN Tingkat Kota Pematangsiantar, MTQN Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), bahkan MTQN Tingkat Nasional.

“Semoga kafilah Siantar Marihat nantinya bisa menjadi duta Kota Pematangsiantar untuk ajang yang lebih tinggi lagi,” sebut dr Susanti.

Sedangkan kepada peserta yang belum meraih kemenangan, diharapkan jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan.

“Banyak berlatih dan terus mendisiplinkan diri serta tekun di dalam bidang kita masing-masing. Sehingga di waktu yang akan datang, Insyaallah akan berhasil,” kata dr Susanti.

Sementara itu, Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba SH menyampaikan MTQN Tingkat Kecamatan Siantar Marihat tahun ini dilaksanakan selama dua hari. Sebelumnya kegiatan MTQN Kecamatan Siantar Marihat dilaksanakan sehari.

“Tahun ini kita laksanakan dia hari mengingat dan mengevaluasi tahun lalu banyak peserta yang berminat untuk ikut berlomba di Kecamatan Siantar Marihat. Memang kita berusaha untuk tetap memberikan yang terbaik dalam melayani warga di Kecamatan Siantar Marihat,” tandasnya.

Henri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama masyarakat Kecamatan Siantar Marihat yang telah banyak memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran sehingga dapat melaksanakan MTQN ke-35 dan berjalan sukses.

Henri juga mengucapkan terima kasih kepada Wali kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani yang telah mensupport dan bersedia hadir bersama masyarakat Kecamatan Siantar Marihat.

“Meskipun aktivitas ibunda begitu padat, namun dapat meringankan langkah untuk hadir bersama dengan masyarakat di Kecamatan Siantar Marihat. Kehadiran ibunda kami di sini menjadi spirit dan semangat bagi kami dan menunjukan ibu seorang pemimpin yang betul-betul memperhatikan masyarakatnya,” ucapnya.

Penutupan MTQN ke-35 Tingkat Kecamatan Siantar Marihat ditandai dengan penyerahan trofi dan hadiah kepada peserta yang meraih juara, termasuk Juara Umum yang diraih Kelurahan Pardamean.

Penyerahan trofi dilakukan oleh dr Susanti, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pematangsiantar Hamdani Lubis SH, Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba SH, Kapolsek Siantar Marihat AKP Relina Lumbangaol SSos, Danramil Kapten Inf Teguh Sugiono, Ketua TP PKK Ny Henri Purba, tokoh masyarakat Antonius P Sitorus dan Drs Khairul A BRI Pardede, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siantar Marihat Iswadi Lubis, serta tokoh agama. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *