Gelar Bincang Santai, KPU Ajak Insan Pers Kawal Pemilu 2024 Agar Berjalan Damai

P.Sidimpuan– Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan (Psp) menggelar bincang santai bersama insan pers.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan pemilu 2024 yang diselenggarakan di Cafe Yasto Kota Padangsidimpuan, Sabtu (27/1/2024).

Tampak hadir dalam kegiatan bincang santai, Ketua KPU Psp, Tagor Dumora dan Komisionernya, Usman Riharnol Siskandar, Syafri Muda, Fadlyka Himmah Syahputera, Sekretaris KPU Psp Deka Ria Murti serta insan pers.

Pada kegiatan ini, sejumlah Komisioner KPU P.sidimpuan menyampaikan satu persatu rangkaian kegiatan KPU. Mulai dari persiapan, tahapan dan juga bagaimana nanti proses pemilihan serta penghitungan suara.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU P.Sidimpuan, Tagor Dumora, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah awal yang tepat buat KPU kota Padangsidimpuan dalam mendukung kinerja KPU.

Lebih lanjut, Tagor mengatakan, bahwa pers juga merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam membangun informasi dan secara tidak langsung telah mensosialisakan ke masyarakat bahwa pemilu serentak tepat pada tanggal 14 Februari tahun 2024.

KPU Berharap Sosialisasikan Pemilu 2024

Mengingat waktu, sambung Tagor, hanya tinggal 17 hari lagi Pemilihan Umum. Untuk itu, pihaknya berharap dengan melalui media sosial ini, bisa mensosialisasikan kepada masyarakat seputar perkembangan pemilu yang akan digelar.

Disebutkan Tagor, media merupakan paling tepat dan cepat untuk menyampaikan kepada masyarakat terutama dalam hal sosialisasi, ini tercantum pada PKPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggara pemilihan umum tahun 2024.

Dan juga surat edaran sekretaris jendral KPU nomor 11 tahun 2023 tentang optimalisasi pelaksanaan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

“Dengan melalui media yang selama ini bisa lebih mudah disebarluaskan dan
mudah diakses masyarakat,” papar Tagor Ketua KPU Psp.

Pemilih Memiliki Keterbatasan Diutamakan Memilih

Tagor juga menjelaskan, bahwa dalam pemilu nantinya ada yang disebut pencoblosan surat suara, dimana adanya orang stabilitas, orang ibu hamil, yang sakit dan yang mewakili keluarga dalam bilik suara.

“Dalam hal ini perlu kita utamakan dan didahulukan agar tidak mengganggu keadaan fisik mereka,” jelasnya.

KPU Akan Terbuka Informasi Tanpa Dikecualikan

Dalam bincang santai bersama insan pers, Tagor dengan pihaknya berkomitmen akan terbuka dalam memberikan informasi kepada media jika dibutuhkan.

Namun, kata Tagor, dalam menyampaikan informasi kepada publik, pihaknya juga memiliki keterbatasan dalam menyampaikan informasi.

“Kepada kawan-kawan media KPU akan selalu terbuka dalam menyampaikan informasi seputaran Pemilu 2024. Tetapi sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2008 KPU juga memiliki keterbatasan menyampaikan Informasi,” ungkap Tagor.

Selain itu, pihaknya juga meminta maaf kepada media karena ada juga informasi yang tidak bisa mereka sampaikan, karena itu informasi yang dikecualikan. Tetapi informasi yang bukan dikecualikan, pihaknya akan terbuka untuk umum ataupun pers.

Di akhir bincang santai, Ketua KPU Kota P.Sidimpuan bersama Komisioner lainnya mengajak kawan-kawan insan pers kawal Pemilu 2024 agar berjalan damai, aman, jujur dan adil.

“Besar harapan kami juga kepada media agar dalam menyajikan berita, yakni informasi yang berimbang kepada publik,” tandasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *