Tanam Ganja Dekat Rumah, Warga Onan Ganjang ini Terpaksa Diborgol Polisi

Humbahas241 views

DOLOK SANGGUL – Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) mengamankan seorang pria lagi asyik menyiram tanaman ganja di belakang rumahnya Rabu (3/11/2021) sore pukul 16.38 WIB.

Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar melalui Kasat Narkoba AKP Rissad Manalu mengutarakan, ia bersama anggotanya menemukan barang bukti 16 batang ganja yang sudah ditanam sekitar 12 meter dari rumah tersangka.

“Tersangka berinisial DM berusia 38 tahun warga Desa Onan Ganjang, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbahas,” kata AKP Rissad Manalu dalam keterangan tertulis yang diterima www.jelajahnews.id, Jumat (5/11/2021).

Dikatakan Rissad, saat penyidikan awal ditemukan usia tanaman ganja itu berkisar 5 bulan dengan ketinggian batang pohon 120 cm.

“Selanjutnya kita melakukan penggeledahan di dalam rumah DM dan kita temukan ganja kering dalam baskom yang disimpan DM di dalam lemari kamar,” kata Rissad.

Berdasarkan pengakuan tersangka, batang pohon ganja yang merupakan narkotika golongan satu ini ditanam sejak awal tahun 2021. Bibit tanaman ganja tersebut diperoleh dari seseorang seharga 200 ribu rupiah dan sudah beberapa kali dipanen tersangka DM.

Adapun barang bukti yang diamankan dari DM yaitu 16 batang pohon ganja dalam polibek, 5,22 gram ganja kering dalam baskom kecil, 1 bungkus kertas tiktak, 1 buah baskom kecil warna biru, 1 buah gunting, 1 buah gembor atau alat siram warna hijau dan sebilah parang.

“Atas perbuatannya, tersangka DM disangkakan Pasal 111 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan pidana paling lama 20 tahun,” jelasnya. (BTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *