Rutan Tanjung Pura Kerjasama Polres Langkat Gelar Vaksinasi

TANJUNGPURA – Rutan Kelas IIB Tanjung Pura bersama Polres Langkat menggelar kegiatan vaksinasi warga binaan di Rutan Tanjung Pura, Sabtu (5/3/2022) pagi.

Sebanyak 33 orang mendapatkan vaksin pertama, 61 orang vaksin kedua. “Alhamdulillah, hari ini ada total 94 orang yang divaksin menggunakan jenis vaksin sinovac dan astrazaneca,” ujar Karutan Tanjung Pura Rian Firmansyah.

Rian menyebut vaksinasi yang digelar di Pendopo Rutan itu merupakan kolaborasi dengan Polres Langkat dengan menerjunkan 13 personil didampingi tim Rutapura Sehat yang dipimpin dokter Rutan Tanjung Pura.

“Vaksinasi ini kami prioritaskan sepenuhnya untuk warga binaan yang sudah memenuhi persyaratan berupa 6 bulan setelah vaksinasi dosis ke-2 dan Booster bagi warga binaan yang sudah memenuhi syarat,” terang Karutan.

“Dengan dilaksanakannya vaksinasi tersebut, Rutan Tanjung Pura telah melampaui syarat Herd Immunity yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Karena persentase pelaksanaan vaksinasi di Rutan Tanjung Pura telah mencapai 98 persen,” kata Rian Firmansyah.

“Vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan akan terus berlanjut seiring dengan datangnya Tahanan baru. Maka dari itu, setiap WBP akan memasuki Rutan kita pastikan dulu, sudah disuntik vaksin atau belum,” ungkapnya.

Dijelaskan Rian, saat ini pihaknya memang memperketat prosedur penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, pihaknya tidak mau kecolongan.

“Kami banyak belajar dari Lapas dan Rutan yang kecolongan penyebaran virus Covid-19 dan kami memiliki SOP yang ketat untuk melindungi warga binaan dari terpaan omicron,” tegasnya.

Selain itu, pelayanan kunjungan juga masih ditiadakan. Para petugas khususnya yang bertugas menjaga blok juga di pantau kesehatannya secara rutin oleh dokter Rutan.

Saat ini ada sekitar 592 orang warga binaan yang menghuni Rutan yang terletak di Kabupaten Langkat itu. “Dengan vaksin hari ini warga binaan kami sudah 98 persen yang sudah vaksin,” akhir Rian.

(Pasrah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *