Rutan Kelas IIB Tanjung Pura dan UPT Rayon Langkat Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

TANJUNG PURA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung Pura bersama UPT Pemasyarakatan Rayon Langkat lakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pangkalan Berandan, Kabupaten Langkat, Jumat (12/8/2022) pukul 09.00 WIB.

Ziarah dan tabur bunga ini digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Ke 77 tahun Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI. Sebelum ziarah dan tabur bunga diadakan upacara di depan Tugu Pahlawan dengan  penghormatan umum kepada para pahlawan.

Upacara ini berdasarkan surat Sekjen Permasyarakatan nomor : SEK-UM.04.01-213 tentang Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 Tahun 2022, sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang gugur memperjuangkan kemerdekaan.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Tanjung Pura, Rian Firmansyah mengungkapkan bahwa upacara dan kegiatan tabur bunga ini bertujuan untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan memberikan kemerdekaan semua.

“Kita harus ingat sejarah dan menghargai pahlawan. Maka dari itu sudah sepatutnya kita berziarah ke makam pahlawan untuk mengenang jasa-jasa mereka,” ujar Rian.

Sebelum kegiatan tabur bunga, dalam rangka HDKD ke 77 Kemenkumham tahun ini pihaknya juga telah melakukan berbagai kegiatan seperti donor darah dan bakti sosial.

“Apa yang dilakukan oleh para pahlawan kiranya dapat menjadi inspirasi kita untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu berjuang dengan mengangkat senjata, sekarang kita berjuang dalam mengatasi segala permasalahan bangsa, seperti kemiskinan dan bencana alam,” kata Rian Firmansyah.

Kegiatan ini diikuti seluruh pejabat struktural Rutan Tanjung Pura, serta di Ikuti 4 UPT Rayon Langkat yakni Rutan Kelas IIB Tanjung Pura, Lapas Narkotika Kelas IIA Langkat, Lapas Pemuda Kelas III Langkat dan Rutan Kelas IIB Pangkalan Berandan.

Pada kegiatan ziarah dan tabur bunga memperingati HDKD ke 77 Kemnkumham RI tersebut, selain dihadiri Karutan Tanjung Pura juga hadir Karutan Pangkalan Berandan, Kalapas Pemuda Langkat dan Perwakilan Lapas Narkotika Langkat. (JNS-PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *