PT SOL Apresiasi Bank Sampah IAS Toba

TOBA – Keberadaan Bank Sampah Induk IAS Toba di Balige Kabupaten Toba makin digrandungi semua kalangan.

Kali ini Manager CSR PT Sarulla Operational Limited (SOL) dan rombongan berkunjung Bank Sampah Induk IAS Toba, Kamis (12/5/2022).

Selain mengunjungi IAS Toba, mereka juga bertandang ke Bank Sampah Tarhilala yang dikelola Pemkab Toba dan Bank Sampah unit Longat binaan IAS Toba di Kecamatan Tampahan.

Manajer CSR PT SOL Melva Samosir didampingi Supervisor Irma Marvella Situmorang, Nina Sitompul dan L Sihombing dalam kunjungan kali ini mengajukan beragam pertanyaan, seperti sejarah berdirinya, kegiatan operasional hingga pemasaran maupum manajemen pengelolaan.

Pentanyaan demi pertanyaan dijawab lugas oleh Direktur IAS Toba Riris Sinaga, dan Dinas Lingkungan Hidup turut memberikan penjelasan kepada rombongan PT SOL.

Ditanya latar belakang mengunjungi IAS Toba, Ibu Irma menjelaskan bahwa kunjungan mereka adalah dalam rangka study dan pengenalan berkaitan dengan adanya permintaan pihak Pemkab Taput mengajukan permohonan bantuan berupa CSR dari PT SOL khususnya dibidang pengelolaan sampah.

“Ya, ada permohonan bantuan dari Pemkab Taput ke PT SOL, proposalnya sangat meyakinkan namun sebelum kami realisasikan. Kami dari manajemen terlebih dahulu harus melakukan kunjungan kepada usaha sejenis dan kami memperoleh referensi dari Lindup Taput untuk mengunjungi IAS Toba,” terang Irma Marvella Situmorang.

Kenapa lebih dahulu pihak PT SOL mengunjungi IAS Toba, Irma menjawab ingin pihaknya kerja lebih cepat dan memperoleh informasi seperlunya tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Toba.

Sementara, sang inisiator IAS Toba, Parlin Sianipar yang datang menyusul menjelaskan bahwa sejarah berdirinya IAS Toba diawali dari adanya dana hibah dari Jepang, yang dipelopori para alumni ITB.

Selanjutnya, meminta dukungan dari Pemkab Toba untuk lokasi pembangunan kantor operasional, namun demikian pengelolaan IAS Toba tetap murni dari kalangan masyarakat.

Saat ini kantor operasional Bank Sampah Induk IAS Toba berada Jalan Somba Debata, Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara. (JNS-JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *