Promosikan Wisata dan Budaya, Pj. Bupati Langkat Ikut Parade Mobil Hias di Kota Solo

Langkat1 views

SOLOPj Bupati Langkat Faisal Hasrimy berharap melalui Event Nasional Hut Ke-44 Dekranas, dapat memperkenalkan wisata di langkat baik di tingkat Nasional maupun internasional sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Domestik Maupun Mancanegara ke Kabupaten Langkat.

Seperti diketahui, Dekranas menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024). Peserta dari 38 provinsi memadati Jl Slamet Riyadi.

Ada 102 kendaraan mobil hias dari masing-masing Dekranasda kota/kabupaten/provinsi yang berpartisipasi dengan menghias sesuai potensi daerahnya. Nanti ada penjurian, piala Ibu Negara,

Sedangkan provinsi sumatera utara hanya diikuti 4 daerah yang mengikut serta dalam rangka memeriahkan Hut ke-4 Dekranas yaitu, dekranasda provsu, dekranasda kota medan, dekranasda kab Langkat dan dekranasda kab padang lawas. kabupaten langkat menyiapkan 1 unit mobil hias dengan tema wisata religi masjid azizi dan rumah suluk Tuan Guru Babussalam dan alam wisata Bukit Lawang dan Tangkahan yang ada di kabupaten langkat dengan ciri khas kab langkat.

Parade itu akan menempuh jarak 2,3 kilometer yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai yang dilepas oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Defile berupa peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang, diikuti mobil peserta lomba, para pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah.

Dekranas menyiapkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala. Dan melibatkan 150 penari dan pemusik. Dekranasda provinsi lainnya yang menjadi tontonan akbar Masyarakat disuguhkan budaya kriya, kerajinan,

Dekranas mengusung tema Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa. Dekranas menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

“Dekranas membawahi Dekranasda provinsi di mana istri kepala daerah atau pendamping kepala daerah membantu para perajin secara langsung. Mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” Harap Faisal Hasrimy.

Sebelum di laksanakan kegiatan parade mobil hias dekranas melaksanakan Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024). Yang di hadiri ketua dekranasda kab langkat Ny.Uke Retno Faisal Hasrimy dan di dampingi Wakil ketua Dekranasda kab langakat Ny.Rina Amril.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo, Jawa Tengah.

Pada acara peringatan syukuran HUT-44 Dekranas yang diselenggarakan di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu, Iriana datang sekitar pukul 09.00 WIB. Pada kesempatan itu, Iriana mengenakan busana kebaya berwarna oranye.

Beberapa istri pejabat juga datang mendampingi, di antaranya Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati. Selain itu, hadir pula seluruh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju.

Sebelum resmi membuka acara tersebut, Iriana menyempatkan diri menyapa para peserta yang berjumlah sekitar 1.500 orang.

Pada kegiatan yang dihadiri Iriana Jokowi ini diharapkan para perajin makin termotivasi untuk terus berkembang, mengembangkan dan memajukan wastra dan kriya nusantara yang berdaya saing meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para perajin. “Dan terima kasih atas terpilihnya Jawa Tengah dan hal ini Kota Solo sebagai tuan rumah kegiatan berskala nasional. Ini perhatian sekaligus apresiasi Dekranas terhadap kemajuan potensi kerajinan,” ujar dia.

Berikut Rangkaian HUT ke-44 Dekranas di Solo:
1. Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).
2. Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari-Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024).
3. Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Solo, Rabu (15/5/2024).
4. Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu – Sabtu (15-18/4/2024).
5. Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).
6. City tour di Kota Solo, Jumat (17/5/2024).
7. Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024).(jns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *