Pemkab Langkat Peringati Muharram 1445 Hijriah

Langkat6 views

LANGKAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat menggelar Peringatan Tahun Baru Muharram 1445 Hijriah sekaligus Penepung Tawaran Jamaah Haji Kabupaten Langkat Kloter 12 dan 14, bertempat di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Rabu (26/7/2023).

Giat tersebut bertemakan “Melalui Spirit Muharram Kita Jadikan Langkat Religius”.

Kabag Kesra H.Syahrizal,S.Sos,M.Si pada laporannya menjelaskan tujuan di laksanakan peringatan tahun baru muharram 1445 H dan di rangkai dengan penepung tawaran jama’ah haji Kabupaten Langkat kloter 12 dan 14 adalah:

1. Melaksanakan visi masyarakat dari religius dengan menyelenggarakan peringatan tahun baru 1445 Hijriyah di bulan Muharram ini.
2. Ungkapan rasa syukur atas kembalinya jamaah haji Kabupaten Langkat musim Haji 1444 Hijriyah.

Ia juga menjelaskan, bahwa dari jumlah jamaah haji Kabupaten Langkat tahun 1445 Hijriyah yang tergabung dalam kloter 12 telah kembali pada tanggal 16 Juli 2023 yang hingga kini berjumlah 353 orang di mana wafat 6 orang di tanah suci dan 1 orang di asrama haji sesaat akan berangkat. Sementara kloter 14 sebanyak 7 orang telah kembali ke tanah air tanggal 18 Juli 2023.

Selanjutnya juga sesuai arahan Plt Bupati Langkat untuk menghargai setiap putra-putri Kabupaten Langkat yang berhasil mengharumkan nama daerah, maka pada kesempatan ini pula akan diberikan bonus tali asih sebesar Rp5.000.000 kepada 4 orang Qori Qoriah berprestasi pada STQ provinsi tahun 2023,yakni sebagai berikut :

1. Ahmad Faiz mata-matamba terbaik 2 golongan 30 juz Putra Rp.2000.000.-
2. Muhyan Syah Daulay terbaik lll golongan 20 juz putra Rp.1000.000,-
3.Dwi Dinnur Rizki terbaik 3 golongan 20 juz Putri Rp.1000.000,-
4. Anggraini terbaik 3 golongan tilawah dewasa Putri Rp.1000.000,-

Kemudian juga dilakukan penyerahan sertifikat haji dari dari Kementerian Agama – RI kepada jama’ah haji Kabupaten Langkat.

Di lanjutkan dengan penepung tawaran jama’ah haji Kabupaten Langkat kloter 12 dan 14 .

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH selamat menjadi haji mabrur, semoga berkah dan kemabruran haji dapat terpelihara sepanjang hayat.

Ia juga menjelaskan Muharram sebagai awal penanggalan kalender Hijriyah memiliki makna yang kuat untuk merubah sikap dan cara pandang pribadi umat Islam dari yang belum baik kepada yang baik dari yang telah baik kepada yang lebih baik.

“Bapak Ibu yang baru kembali dari tanah suci saya yakin adalah orang-orang yang beruntung dan telah sanggup berniaga kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan berharap menjadi haji dan hajah yang mabrur, yakni segala pengorbanan baik dana waktu serta fisik semuanya menjadi bagian yang kelak akan menyelamatkan diri bapak ibu,” ujarnya.

“Oleh karenanya saya mengharapkan kepada bapak ibu para Haji dan Hajjah yang insya Allah memperoleh kemabruran untuk membantu kami menjadikan langkat yang religius, langkat yang diisi oleh manusia-manusianya dan generasi-generasi muda yang taat menjalankan ajaran agama sesuai yang dianut,” tambahnya berharap.

Sehingga dengan demikian negeri ini, lanjut Afandin, akan diberkahi akan dijauhkan dari bala musibah dan bencana dihadirkan pemimpin-pemimpin yang bertaqwa pemimpin yang penuh harapan untuk membawa Negeri Langkat yang ke arah lebih baik.

“Dalam ketentuan aturan inilah terakhir periode kami memberangkatkan jemaah haji sementara untuk tahun 2024 sudah ada pejabat yang telah akan dihunjuk namun demikian kami tetap berharap kiranya di tahun 2025 kita masih dapat dipertemukan agar tetap terjalin silaturahmi dan jika hal ini memberikan kebaikan bagi bumi Langkat,” ujarnya.

“Semoga langkat nantinya di pimpin oleh pemimpin yang amanah yang mencintai rakyatnya dan membawa keberkahan untuk bumi Langkat berseri ini,” doanya.

Mewakili Jama’ah haji Kabupaten Langkat yang tergabung dalam kloter 12 dan 14 Bapak H.Sardi, Masyarakat Desa Suka makmur kecamatan Binjai mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH.

“Dari mulai pemberangkatan sampai kepulangan kami merasa terhormat, di hargai dan di muliakan oleh bapak bupati dan beliau selalu semangat bersama kami,” ungkapnya.

“Dan yang kami tidak lupakan sama-sama kita sudah menikmati dan kita rasakan dan kita bawa ke tanah suci yaitu sambal teri dan bumbu pecal untuk menjadi bekal kami di tanah suci dimana kami merasakan istilahnya khas masakan Indonesia inilah yang membuat kami haru dan bangga dan tidak kami lupakan dengan perhatian bapak Plt Bupati Langkat,” sebutnya lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa jamaah haji Langkat mendoakan Bapak Syah Afandin beserta keluarga selalu di berikan kesehatan ke afiatan dan kekuatan sehingga bisa terus memimpin Langkat. “Semoga apa yang menjadi cita-cita bapak Plt Bupati untuk terus memimpin Langkat pada tahun 2024 mendatang segera terwujud dan di kabulkan oleh Allah SWT untuk menjadikan bumi langkat yang maju sejahtera dan religius,” doanya.

Di lanjutkan dengan tausyiah agama oleh Al Ustadz Prof Dr.Muzakkir ,M.Ag dalam tausiyahnya menyampaikan “Jadikan Muharram ini untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dan sebagai momentum untuk perubahan” dan perubahan itu di mulai dari yang terbaik sehingga lebih baik dari yang lalu. (jns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *