Kepedulian Bupati Dolly Inginkan UMKM Tapsel Berkembang Dan Maju

TAPSEL– Kepedulian Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) patut diacungi jempol.

Baru-baru ini, Bupati Dolly mengutus 20 peserta dari santripreneur dan SMA/SMK sederajat mengikuti pelatihan di SAE Digital Akademi Medan.

Pelatihan ini bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan tentang pemasaran UMKM serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pemasaran produk UMKM Tapsel.

Kemudian, Bupati Dolly sering melakukan pembinaan dan pelatihan agar para pelaku usaha kecil melek internet. Dolly serius menginisiasi Program Wiradiba (Wirausaha Digital Berdaya) di 15 kecamatan yang ada di Tapsel.

Dolly juga bertekad bagaimana pangsa pasar berbagai hasil produk lokal maupun unggulan masyarakat bisa lebih dikenal, bisa lebih dicintai sekaligus diminati secara luas oleh masyarakat lewat e-katalog lokal.

Karena kepeduliannya terhadap pelaku UMKM tersebut, gayung pun bersambut saat Waspada mengajak Bupati Dolly berkunjung ke stan UMKM di Asrama Haji Medan, Kamis (15/6). Saat itu Dolly tengah mengantar Kloter 23 yang berisi jamaah calon hajinya ke Asrama Haji Medan.

‘’Kalau di Tapsel itu, produk UMKM yang sudah dikenal luas masyarakat cukup banyak. Mulai dari olahan buah salak, kopi Sipirok sampai kerajinan kain ulos,’’ tuturnya.

Bupati Dolly juga menyebutkan, upaya pembinaan dan pelatihan para pelaku UKM didaerahnya terus dilakukan. ‘’Tidak hanya dibina dan diberi pelatihan, kita juga menggelontorkan banyak anggaran untuk modal usaha,’’ cetusnya.

Saat mengunjungi stand UKM di Asrama Haji Medan itu, Bupati Dolly didampingi Ketua TP PKK Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu serta bersama sejumlah SKPD Pemkab Tapsel.

Bupati dan istri menikmati aneka makanan atau cemilan yang dipajang di stan tersebut. Mereka pun tak lupa mencicipi kopi khas Sipirok.

Dalam kesempatan itu, Ketua UKM Haji Umroh Efriadi Gusman Effendi mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Bupati Dolly terhadap perkembangan UMKM. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *