Jelang Lebaran Alami Peningkatan Kendaraan, Kasat Upayakan Arus Lalin Di Psp Lancar

SIDEMPUAN: Peningkatan kendaraan arus mudik yang melintas di jalinsum di kota Padang Sidempuan Sumatera Utara mulai mengalami peningkatan kendaraan Pada H-3 lebaran, Rabu (19/4/23).

Untuk di ketahui bahwa jalan Imam Bonjol, dan Sisinga Mangaraja arah Medan dan sebaliknya serta Jalan Sudirman, kemudian jalan alternatif By Pass menuju Sibolga mulai di padati kendaran.

Jalan yang diuraikan tersebut merupakan jalan yang biasa digunakan para pemudik dari berbagai daerah mulai di padati kendaraan. Namun Arus lalu lintas terlihat ramai lancar, baik yang mengarah ke ke Kabupaten Madina ataupun ke arah kota Medan.

Di sepanjang pusat kota Padang Sidempuan juga mulai ramai di padati kendaraan berplat luar kota sehingga banyak keluar masuk kendaraan, yang mengakibatkan kerap tersendatnya arus lalu lintas namun berkat kesigapan petugas Satlantas Polres Padang Sidempuan masih bisa diatasi.

Kasat Lantas Polres Padang Sidempuan AKP Junaidi SH saat ditemui di lokasi, Rabu (19/4/23) mengatakan, situasi arus lalu lintas terkini, tepatnya di Pos Pengamanan, Pos kota jalan Sudirman dari menuju jalan Sibolga maupun dari arah Padang Matinggi menuju arah Batunadua maupun sebaliknya sudah mulai ada peningkatan yang didominasi oleh kendaraan pribadi dari luar kota meskipun belum begitu signifikan.

Sejumlah anggota dan petugas gabungan lainnya baik itu TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP juga sudah mulai standby di Pos Pengamanan.dan Pos pelayanan yang ada di kota Padang Sidempuan.

“Untuk Posyan Batunadua, Pos Yan Sadabuan, Pos Pam Pos kota, Pos Pam tugu Siborang, Pos Yan Pijorkoling (Tenggara) anggota kita ditempatkan di setiap titik, antara lain di Simpang Tiga Kelurahan Sitamiang, Simpang pos Batunadua, Simpang Silandit, Simpang Sadabuan, Simpang tugu Siborang dan Pos lantas Pijorkoling dan Simpang Tiga Pasar Inpres Padang Matinggi setiap hari secara bergantian,” imbuhnya.

Jelang Lebaran Alami Peningkatan Kendaraan, Kasat Lalu Lintas Psp Upayakan Arus Lalu Lintas Lancar

Jika arus lalu lintas terus meningkat, untuk mengantisipasi kemacetan pihaknya akan melakukan pengaturan dengan cara flashing lampu lalu lintas dan menerjunkan anggota untuk mengatur arus secara manual khusus di kawasan jalinsum Simirik.

Kepada pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan empat yang melintas di wilayah Hukum Polres Psp AKP junaidi SH mengimbau, kepada seluruh pemudik untuk tidak memaksakan diri dalam perjalanan, jika lelah disarankan untuk istirahat di Pos Yan dan Pos Pam yang telah di sediakan pihaknya.

Imbauan ini disampaikan Kasat lantas Polres Padang Sidempuan karena jumlah pemudik tahun ini diprediksi meningkat dari tahun sebelumnya pasca Pandemi.

“Memang tidak mungkin tidak ada kemacetan, karena memang kapasitas jalannya dengan jumlah kendaraannya yang sangat banyak menjadi keterbatasan,” ujar AKP Junaidi

Pihaknya meminta, agar masyarakat benar-benar memperhatikan aturan lalu lintas, seperti rekayasa jalan yang akan diberlakukan selama masa mudik Lebaran 2023.

“Pentingnya mengutamakan keselamatan, sebab keselamatan adalah terhindarnya seseorang dari risiko terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan, Jika tidak ingin celaka, maka pahami resikonya dan hindari atau kendalikan. Imbauan untuk pemudik, jika lelah, maka beristirahatlah,” cetusnya

Kasat lantas mengimbau kepada seluruh pemudik untuk selalu berhati-hati dalam perjalanan serta ikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada.

“Hati-hati di jalan, jangan memaksakan. Ikuti informasi mudik, ikuti aturan-aturan yang sudah dibuat. Agar bisa nyaman dan selamat sampai tujuan,” pungkasnya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *