Genset Tersingkir, Kini Pelabuhan di Toba Gunakan Anjungan Listrik Mandiri

TOBA – Selangkah lebih maju bahwa Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu yang terletak di Balige Kabupaten Toba, Sumatera Utara untuk memasok aliran listriknya tak lagi menggunakan genset keperluan operasional.

Sebagai pengganti, pelabuhan itu sudah difasilitasi dengan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) dan sudah mulai beroperasi. Sehingga sejak diganti dengan ALMA, mobil listrik pun sudah dapat mengecas, dan suara bising dari genset sudah tak lagi terdengar sehingga lebih nyaman.

Bupati Toba Poltak Sitorus mengucapkan terima kasih atas beroperasinya Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kamis (28/4/2022).

Manager PLN Persero UP III Area Sibolga, Darwin Simanjuntak menyampaikan bahwa KMP Pora Pora ketika bersandar di Pelabuhan, selama ini masih menggunakan genset untuk keperluannya.

“ALMA di Balige dan Pelabuhan Muara yang baru diresmikan ini adalah yang ketiga setelah di Medan dan Pematang Siantar. Dan yang ini langsung beroperasi,” sebutnya.

Dikatakannya, penggunaan ALMA ini sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi pemakaian BBM jenis solar hingga 40 persen. Sekaligus mendukung program Go Green (peduli lingkungan) agar Danau Toba tidak tercemar.

“Semakin banyak angkutan danau memakai fasilitas ini, akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Toba,” tambahnya.

Usai diresmikan, Bupati Toba Poltak Sitorus, didampingi Pjs Sekdakab Toba Augus Sitorus, Darwin Simanjuntak, GM ASDP Indonesia Ferry Sibolga Partogi Tamba, dan Kasatpel Balige Marudut Tobing langsung meninjau KMP Pora Pora yang memakai ALMA.

Bupati Toba meminta dukungan PLN dengan adanya rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kecamatan Uluan dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di wilayah yang meliputi tiga kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau (Habornas).

“Tentunya pemakaian listrik pasti meningkat karena kebutuhan untuk menunjang sektor pariwisata seperti perhotelan dan lainnya, bahkan harapannya kedepan kendaraan listrik akan semakin banyak di Toba,” katanya.

Bupati juga menyaksikan penyerahan Memorandum of Understanding (MoU) tentang ALMA Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige dan Pelabuhan Muara antara PT PLN (Persero) UP III Sibolga dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Sibolga. (JNS/JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *