Dandim 0212/TS Resmikan Kampung Pancasila di Desa Sibadoar

TAPSEL – Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/Tapsel resmikan Kampung Pancasila di Desa Sibadoar, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan, ditulis Sabtu (11/3/2022).

Kampung Pancasila ini diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Dudung Abdurachman yang di inisiasi oleh Dandim 0212/TS yang di komandoi Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing.

Berdirinya Kampung Pancasila di Desa Sibadoar Kabupaten Tapsel merupakan perdana di wilayah teritorial Kodim 0212/TS ini, diawali dengan pengguntingan pita oleh Dandim 0212/TS.

Peresmian kampung pancasila itu diawali dengan acara penyambutan Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kejari Tapsel Antoni Setiawan, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj dan Karutan Jefri Ginting.

Yang dihadiri, Para Danramil Tabagsel, Kapolsek Sipirok, Camat Sipirok dan Kepala Desa Sibadoar yang diikuti masyarakat bersama para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Setelah itu acara penguntingan pita yang dilakukan oleh Letkol Inf Rooy Chandra, dan dilanjutkan dengan penandatangan prasasti lalu memasuki ruang sekolah Dasar Sibadoar dengan sambutan lagu pancasila yang di nyanyikan anak-anak siswa. Setelah itu peninjauan tanaman kebun warga.

Dandim 0212/TS, Letkol Inf Rooy Chandra dalam kesempatan itu menjelaskan, peresmian Kampung Pancasila ini merupakan wujud dan salah satu upaya untuk meluhurkan, meluruskan atau mempertahankan nilai-nilai Pancasila yang memang sebagai ideologi bangsa indonesia.

“Untuk saat ini Baru ada satu kampung atau desa peresmianya. Dengan adanya presmian ini diharapkan seluruh Desa diwilayah kodim 0212/Tapsel bisa membentuk kampung Pancasila”, ujarnya.

Kenapa demikian?, kata Letkol Roy, karena dengan adanya kampung pancasila akan mempererat persatuan dan kesatuan seluruh eleman bangsa, khususnya diwilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) untuk mempertahankan nilai-nilai pancasila,” jelasnya

Sementara, Sekda Tapsel Parulian Nasution mendukung dan mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih yang tidak terhinggah kepada Kodim 0211/TS yang telah berinisiasi berdirinya dan meresmikannya kampung Pancasila.

“Terima kasih kepada Kodim 0212/TS yang telah mendirikan dan meresmikan kampung pancasila, sehingga hal seperti ini akan bisa di bangun di desa-desa lainya di Tapsel dan di indonesia pada umumnya,” ucapnya.

Sekda Tapsel berharap, kawasan nilai-nilai pancasila akan terus di tumbuh kembangkan agar kepribadian bangsa adalah kepribadian pancasila dan agar pandangan hidup bangsa adalah pandangan hidup pancasila.

Dengan demikan, kata Parulian, sosial budaya masyarakat Tapsel betul-betul menyatu dalam nilai-nilai yang pancasilais agar bisa membendung tantangan dan ancaman maupun rongrongan yang berasal dalam negeri maupun luar negeri sehinggah tercipta suasana kewaspadaan nasional tang tinggi ketahanan nasional yang mantap dan dinamis. (Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *