Wali Kota Siantar Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang BKMT di 5 Kecamatan Masa Bakti 2023-2028

PEMATANGSIANTAR – Jabatan, termasuk sebagai pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) merupakan amanah besar. Pengurus BKMT juga harus mampu menciptakan kekuatan besar untuk bersinergi dalam membangun Kota Pematang Siantar.

Demikian disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam arahan dan bimbingannya di acara Pelantikan Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan Masa Bakti 2023-2028, di Yayasan AMIK Tunas Bangsa Pematang Siantar, Sabtu (09/12/2023).

Di awal arahan dan bimbingannya,  Susanti atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar mengucapkan selamat kepada Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan di Kota Pematang Siantar Masa Bakti 2023-2028 yang dilantik dan dikukuhkan.

“Semoga ibu-ibu dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Jabatan sebagai pengurus BKM, merupakan amanah yang besar. Kami optimis, Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan di Kota Pematang Siantar akan mampu menciptakan kekuatan besar untuk bersinergi dalam membangun daerah ini,” kata Susanti.

Susanti juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada Ketua beserta jajaran Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan di Kota Pematang Siantar periode sebelumnya, yang telah banyak berkontribusi dalam memajukan BKMT, serta ikut mensejahterakan masyarakat melalui program-program unggulan.

“semoga apa yang telah ibu-ibu kerjakan, semuanya akan dicatat sebagai ibadah, serta mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT,” sebutnya.

Tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus BKMT yang baru, lanjutnya, akan semakin berat dan kompleks. Untuk itu, harus terus menjaga kekompakan, integritas, dan transparasi. Serta yang tak kalah penting, menguatkan koordinasi, sinergi, serta komunikasi.

“Tetap jaga dan pertahankan komitmen akan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus. Masyarakat banyak yang menunggu hasil-hasil kerja ibu-ibu semua. Secepat mungkin lakukan konsolidasi, lebih cepat lebih baik agar kinerja nyata BKMT dapat dibuktikan dan dirasakan oleh Masyarakat,” pesan  Susanti.

Lebih lanjut dr Susanti mengatakan, salah satu indikator untuk melihat maju tidaknya suatu daerah, dapat dilihat dari kualitas kaum ibu. Sebab kaum ibu memiliki peranan penting dalam kehidupan di masyarakat.
Di mana, peran wanita dalam pembangunan keluarga yang berbudi luhur merupakan ibadah yang tidak ternilai, yang sekaligus sebagai partisipasi dalam pembangunan.

“Oleh karenanya, kehadiran BKMT yang didominasi kaum Hawa diharapkan mampu memberikan warna dan rasa sejuk dengan semangat cinta, cinta akan kebenaran dan keadilan,” tukasnya.

Susanti pun mengajak untuk menjadikan BKMT sebagai panutan dan contoh bagi masyarakat. Ke depannya, BKMT harus terus meningkatkan peran sesuai perkembangan zaman, mengingat banyaknya tantangan di era sekarang ini dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin maju dan cepat.

“Kami mengharapkan kehadiran BKMT semakin membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan visi terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas, demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BKMT Kota Pematang Siantar Hj Ernayati Saragih dalam sambutannya mengatakan kali ini pengurus cabang BKMT 5 kecamatan yang dilantik. Sedangkan pengurus cabang 2 kecamatan sudah terlebih dahulu dilantik, yaitu Kecamatan Siantar Barat dan Kecamatan Siantar Sitalasari. BKMT, lanjutnya, banyak program dan kerjanya. Seperti keagamaan, membimbing anak-anak agar menjadi sholeh dan sholehah, serta memberikan contoh yang terbaik agar bisa mengayomi masyarakat.

Program lainnya, mengadakan pengajian setiap bulan yang juga dihadiri organisasi-organisasi lain, mengadakan kutipan infak yang akan digunakan untuk acara penutupan pengajian menyambut bulan suci Ramadhan dan santunan kepada anak yatim, dan berkeliling kecamatan secara bergiliran untuk membagikan sembako kepada akum duafa dan fakir miskin.

“Karena itu, kepada Ketua BKMT Kecamatan agar melakukan yang sama untuk kelurahan dan perwiritan. Dibutuhkan kemauan dan keikhlasan, serta kebersamaan. Jika sudah bersama, kerja berat dapat kita dikerjakan. Mari terus semangat merangkul kaum ibu dan mendukung program kerja Pemerintah Kota Pematang Siantar,” ajaknya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan Lili Husmani dalam laporannya menyampaikan dengan berakhirnya pengurus cabang BKMT 5 kecamatan masa bakti 2018-2023, masing-masing pengurus kecamatan menggelar musyawarah cabang (muscab).

Selanjutnya sepakat menggelar pelantikan bersama-sama. Di mana, ada 2 kecamatan yang pengurusnya digabung menjadi satu, yakni Kecamatan Marihat dan Kecamatan Marimbun.

Dilanjutkan Lili, dalam kegiatan dengan tema: Bersama BKMT Kita Pererat Ukhuwah Islamiyah demi Persatuan dan Kesatuan untuk Mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Cerdas dan Berkualitas, banyak saran dan pendapat, bantuan moral dan moril dari Pemko Pematang Siantar, termasuk dr Susanti. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih.

“Kepada pengurus yang dilantik, kami ucapkan selamat. Ini amanah, semoga bisa bekerja lebih baik lagi di masing-masing kecamatan. Kami belum sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah,” katanya.

Pengurus Cabang BKMT 5 Kecamatan yang dilantik yaitu Siantar Timur Supiani, Siantar Selatan Nursamsiyah Yis Lado SS, Siantar Utara Mahdalaini Nasution SPd, Siantar Martoba Hj Nur Asiyah SPd, dan Siantar Marihat-Siantar Marimbun Yusnila Pane SPd.

Turut hadir, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, anggota DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Gusmiyadi, Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kota Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan SSos MSP, anggota DPRD Kota Pematang Siantar Nurlela Sikumbang, Dewan Pakar BKMT Kota Pematang Siantar H Ahmad Ridwan Syah Putra, serta para camat selaku Pembina BKMT di kecamatannya masing-masing. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *