Wali Kota Pemtangsiantar Padiri Acara Pembukaan MTQN ke-56 Tingkat Kecamatan Siantar Timur,

PEMATANGSIANTAR – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA memberikan support kepada Kecamatan Siantar Timur untuk bisa kembali meraih Juara Umum di ajang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2024. Di mana, Kecamatan Siantar Timur telah mengukir prestasi sebagai Juara Umum MTQN Tingkat Kota Pematangsiantar Tahun 2023.

Support tersebut disampaikan Susanti dalam arahan dan bimbingannya di acara Pembukaan MTQN ke-56 Tingkat Kecamatan Siantar Timur, di Lapangan Santiago, Jalan Siatas Barita, Kelurahan Tomuan, Rabu (24/01/2024). MTQN dengan tema “Membumikan Alquran dalam Mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Berakhlaqul Karimah” tersebut berlangsung dua hari, hingga Kamis (25/01/2024).

“Semoga Kecamatan Siantar Timur meraih Juara Umum kembali. Semoga predikat Juara Umum tidak berpindah,” sebut  Susanti.

Menurut dr Susanti, MTQ menjadi salah satu program bidang keagamaan. Selain sebagai syiar dakwah, MTQ untuk membumikan Alquran supaya isi kandungan Alquran dipahami dan dimengerti, serta kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak yang baik.

“Semoga muncul generasi Qurani yang mampu memelihara toleransi dalam keberagaman di Kota Pematangsiantar,” kata dr Susanti.

Dilanjutkan dr Susanti, pemerintah pusat menginstruksikan untuk terus menggalakkan MTQ. Sehingga pelaksanaan MTQ terus berkembang, termasuk jenis dan ketegori pertandingan, dengan tujuan meningkatkan nilai-nilai keagamaan.

“Harapan ini terwujud jika kita bekerja sama dan berkolaborasi. Kolaborasi pemerintah dengan Forkopimda selama ini sudah cukup baik sehingga semua dapat terlaksana dengan baik,” terang dr Susanti seraya berharap pelaksanaan MTQ lebih maju lagi, baik kuantitas maupun kualitas.

Kepada Dewan Hakim, dr Susanti mengucapkan terima kasih.
“Semoga jadi amal ibadah. Semoga Allah mempermudah kita melaksanakan pembangunan demi Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Pematangsiantar Bangkit dan Maju,” pungkasnya.

Camat Siantar Timur Musa Rahmat Zebua SE dalam sambutannya mengaku sempat galau karena beberapa hari lalu cuaca hujan.

“Tapi hari ini, puji syukur cuaca cerah,” katanya.

Disampaikan Musa Rahmat, sebelum pembukaan MTQN, telah dilakukan Pawai Taaruf dari SMA Negeri 4, Jalan Pattimura Kelurahan Pahlawan menuju Lapangan Santiago, tempat pelaksanaan MTQN.

Kata Rahmat, tahun lalu Kecamatan Siantar Timur meraih Juara Umum MTQN Tingkat Kota Pematangsiantar. Harapannya, tahun ini para utusan atau kafilah Kecamatan Siantar Timur bisa menorehkan prestasi yang sama.
“Kegiatan MTQ ini salah satu pembinaan kerohanian. Kita harus berkolaborasi. Seperti MTQ ini, atas kolaborasi beberapa pihak di Kecamatan Siantar Timur. Semoga MTQ berlangsung lancar hingga selesai tanpa kekurangan apapun,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pematangsiantar Hamdani Lubis SH menyampaikan, Siantar Timur merupakan kecamatan ke-4 yang menyelenggarakan MTQN Tingkat Kecamatan. Tiga kecamatan yang telah menyelenggarakan MTQN yaitu, Siantar Sitalasari, Siantar Utara, dan Siantar Martoba. Sehingga ada empat kecamatan lagi yang segera menyelenggarakan MTQN, yakni Siantar Selatan, Siantar Barat, Siantar Marihat, dan Siantar Marimbun.

Hamdani berpesan agar para peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga bisa meraih prestasi dan melaku ke MTQN Tingkat Kota Pematangsiantar serta Provinsi Sumatera Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr Susanti atas komitmen dan ketulusan hati membumikan Alquran dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengikuti MTQ dan berprestasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQN ke-56 Tingkat Kota Pematangsiantar H Doli Siregar dalam laporannya menerangkan, tujuan pelaksanaan MTQ yakni terwujudnya peserta MTQ yang berkualitas, untuk menjadi duta di tingkat Kota Pematangsiantar; terwujudnya Syiar Islam melalui MTQ; dan terwujudnya masyarakat Kecamatan Siantar Timur yang agamis dan harmonis dalam bingkai keberagaman Bhinneka Tunggal Ika.
Doli lebih lanjut mengatakan, MTQN ke-56 Tingkat Kecamatan Siantar Timur diikuti 253 peserta, dengan berbagai cabang lomba, yaitu Tartil, Tilawah, Qira’tus Sab’ah Murattal, Tahfidz, Fahmil, Syarhil, dan Khat berbagai jenis.

Acara pembukaan MTQ juga diisi dengan pelantikan Dewan Hakim dipimpin Camat Siantar Timur Musa Rahmat Zebua .

Pembukaan MTQN ditandai pemukulan beduk oleh dr Susanti, anggota DPRD Kota Pematangsiantar, dan Forkopimcam. Kemudian, penyerahan trofi bergilir dari Kelurahan Pahlawan kepada Camat Siantar Timur.

Turut hadir, anggota DPRD Kota Pematangsiantar Jhon Kennedy Purba dan Frans Herbert Siahaan, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Siantar Timur Amrial Saragih SAg MM, Ketua LPTQ Kecamatan Siantar Timur, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Siantar Timur, Forkopimcam, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Pematangsiantar dan Kecamatan Siantar Timur, Majelis Taklim Silaturahmi Kecamatan Siantar Timur, Perhimpunan Wanita Islam, Kepala Puskesmas, para lurah, Ketua TP PKK Kecamatan Siantar Timur dan kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para pelajar, dan lainnya. (*)
[12.57, 25/1/2024] +62 823-6276-3616: Laporan kegiatan: Wali Kota menerima audiensi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Dadan,di Kantor Wali Kota Pematangsiantar, Kamis (25/01/2024)

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Sumatera Utara (Sumut) Dadan sepakat untuk mengoptimalkan pengoperasian Terminal Tipe A Tanjung Pinggir. Kehadiran terminal yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), 9 Februari 2023 lalu tersebut diharapkan menjadi pusat ekonomi baru serta dapat mengurangi kemacetan di inti Kota Pematangsiantar.

Kesepakatan terjadi setelah dr Susanti menerima audiensi Dadan di Kantor Wali Kota Pematangsiantar, Kamis (25/01/2024). Saat bertemu Dadan, dr Susanti mengaku sangat bersyukur atas hadirnya terminal tersebut.

“Sekarang, bagaimana kita dapat mengoptimalkannya, dengan cara berkolaborasi. Pemko Pematangsiantar siap mendukung segala yang menjadi kemajuan Kota Pematangsiantar dan dapat dirasakan masyarakat langsung,” tutur dr Susanti, yang mengaku selama ini sangat menunggu kesempatan untuk bertemu pihak BPTD Wilayah Sumut demi pengoptimalan Terminal Tanjung Pinggir.

Masih kata dr Susanti, Kota Pematangsiantar yang merupakan kota perdagangan dan jasa bisa menyokong pengoptimalan terminal tersebut dengan sejumlah aktivitas ekonomi.

“Untuk itu, ada infrastruktur yang harus dibenahi serta bagaimana menciptakan yang menarik di sana (Terminal Tanjung Pinggir),” ujar dr Susanti.

dr Susanti menambahkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar saat ini memikirkan pengadaan tanah untuk menciptakan pasar di sekitar terminal agar pasar pagi bisa dipindahkan ke lokasi tersebut.

“Kami siap berkolaborasi. Kami bangga memiliki Terminal Tanjung Pinggir,” tutup dr Susanti.

Sebelumnya, Kepala BPTD Wilayah Sumut Dadan didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Koordinator Terminal Tipe A Tanjung Pinggir, Rita Sinaga menyampaikan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ingin terus berusaha untuk mengembangkan dan mengoptimalkan terminal tersebut.

“Untuk itu kami ingin berkolaborasi dengan berbagai cara dalam mengoptimalkan terminal. Menteri sudah memberikan arahan agar mengoptimalkan terminal tersebut,” sebut Dadan.

Ditemui usai bertemu dr Susanti, Dadan mengaku kondisi Terminal Tanjung Pinggir belum maksimal.

“Terkait hal itulah, kami hadir di sini bertemu wali kota untuk bersama-sama meramaikan terminal. Ternyata gayung bersambut,” tukas Dadan.

Menurutnya, dr Susanti merespon positif serta sedang memikirkan pengadaan tanah sebagai pusat perputaran ekonomi di kawasan Terminal Tanjung Pinggir.

“Bagaimanapun, Kota Pematangsiantar merupakan kota perdagangan dan jasa,” ujar Dadan.

Hadir pada kesempatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Pematangsiantar Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi, Kepala Dinas Perhubungan Drs Julham Situmorang MSi, dan Plt Kepala Dinas PUTR Sofian Purba SSos. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *