Wali Kota Buka Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji Kota Pematangsiantar Tahun 1445 H/2024 M

PEMATANGSIANTAR -Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA membuka Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Pematangsiantar Tahun 1445 H/2024 M di Lapangan Brimob Subden 2B Pematangsiantar, Selasa (23/04/2024).

Sebanyak 199 JCH ditambah seorang petugas diberikan arahan dan bimbingan hingga proses pemberangkatan nantinya.

Susanti mengucapkan terima kasih Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pematangsiantar yang telah bekerja keras menjaga kuota JCH Kota Pematangsiantar. Menurut  Susanti, nantinya para JCH akan diundang ke rumah dinas wali kota.

“Kami Pemerintah Kota Pematangsiantar dan Kantor Kemenag akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada bapak ibu sekalian,” sebut Susanti.

Susanti mengharapkan tahapan pemberangkatan, ibadah, dan pemulangan nantinya tidak terjadi kendala.

“Kiranya bapak ibu dapat menjadi haji yang mabrur dan hajjah mabruroh,” tutur Susanti.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Pematangsiantar, Luhut Ritonga menyampaikan, total jamaah yang akan bertolak ke tanah suci sebanyak 199 orang didampingi seorang petugas, sehingga totalnya 200 orang.

JCH akan diberangkatkan melalui kloter 5 Embarkasi Medan. JCH tertua atas nama M Yusuf Harahap berusia 87 tahun, dan termuda atas nama Ihsanul Mahendra berusia 25 tahun.

Luhut juga menyampaikan, pada proses pemberangkatan JCH tahun ini, semuanya dilakukan secara ringkas. Hal ini sesuai tema Haji oleh Kemenag RI yaitu “Haji Sehat dan Ramah Lansia”.

“Kementerian Agama RI menyarankan betul untuk memperhatikan orangtua kita, opung-opung kita,” tutup Luhut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Siantar drg Irma Suryani MKM melaporkan sebanyak 149 jamaah telah mendapatkan suntik vaksin maningitis sebagai syarat masuk ke Saudi Arabia. Sedangkan yang lainnya akan mendapatkan vaksin dalam waktu dekat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pematangsiantar Sarjono, perwakilan Kabag Kesra Pemko Pematangsiantar, Pembimbing Manasik Haji HM Ali Lubis yang juga Ketua MUI Kota Pematangsiantar, serta Zuhri Pulungan dan Rasyid Nasution. (kb/rp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *