Wakil Bupati Karo Apresiasi USU Terkait Penelitian Tanaman Acem-acem

KARO – Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menyambut audensi tim Badan penelitian Universitas Sumatera Utara bersama Pemerintah Desa Sumber Mufakat Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting sangat mengapresasi atas paparan fungsi dari tanaman acem-acem yang bisa mengurangi resiko dari pestisida. Dimana masyarakat Tanah Karo mayoritas hidup dari petani yang rentan terkena pemakaian racun pestisida.

“Pada intinya, Pemkab Karo siap mendukung atas apa yang telah disampaikan tadi,”harap Wakil Bupati, Jumat (05/11/2021).

Dr. Eka lestari wahyuni dan prof. Urip harahap dari Badan Penelitian USU menyampaikan, dalam upaya mengembangkan potensi alam Tanah Karo yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendukung kesehatan masyarakat khususnya dalam mencegah risiko keracunan akibat penggunaan pestisida.

Berdasarkan hasil penelitian, kami mengenalkan jenis tumbuhan yakni, daun acem-acem yang bisa jadi hand soap jell, untuk membersihkan tangan setelah menggunakan pestisida, insektisida, Dan fungisida.

“Kami dan Pemdes Sumber Mufakat sangat mengharapkan dukungan Pemkab Karo melalui Wakil Bupati Karo untuk mengedukasi, mensosialisasikan serta menggerakkan para petani dalam menghindari keracunan dari pestisida dengan menggunakan daun acem-acem,” ungkap Eka Lestari Wahyuni.

Eka Lestari Wahyuni juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Karo Theophilus Ginting dan Kepala Desa Sumber Mufakat, Dinis Karokaro, dan juga Hiskia Surbakti, Tulus Sitepu beserta Linda Tarigan dan seluruh tim yang terlibat dalam audensi ini. Semoga semua program yang disampaikan tadi kepada Wakil Bupati Karo dapat membawa perubahan,” Imbuhnya.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *