UKW Angkatan 66-67, Hanya 29 Orang Berkompeten, 19 Tidak Kompeten

Medan– Dari 48 orang peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 66 dan 67 tahun 2023, sebanyak 29 orang dinyatakan kompeten dan 19 orang belum kompeten.

Hal itu diungkapkan oleh penguji, Kesit B Handoyo pada akhir acara UKW di Ruangan Glora Lantai ll Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (23/12/2023).

“UKW Angkatan 66 dan 67 tahun 2023 yang merupakan kolaborasi antara Polda Sumut dengan PWI Sumut terdaftar 60 orang, namun peserta yang mengikuti UKW ini sebanyak 48 orang,” paparnya.

Sementara Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik dalam sambutanya menyebutkan, bahwa UKW bukan hapalan, melainkan menguji pekerjaan yang di lakukan sehari-sehari sebagai wartawan dalam menghasilkan karya jurnalistik.

“Kalau sudah Pra UKW, tentunya akan mudah. Kecuali bukan wartawan, tentu akan sulit,” ucapnya.

Farianda mengaku, UKW Angkatan 66 dan 67 merupakan UKW paling memprihatinkan. Sebab, dari 60 peserta yang mendaftar hanya 48 orang yang hadir mengikuti UKW ini.

“Bayangkan, dari 60 peserta yang mendaftar, hanya 48 hadir. Dari 48, 19 orang belum kompeten. Kalau melihat hasil, terus terang saya sedih. Tapi yang 48 orang ini, saya puji Anda karena telah berani datang ikut UKW,” sebutnya.

Terhadap peserta UKW yang dinyatakan kompeten, Farianda mengucapkan selamat. Selanjutnya ia juga menyampaikan kepada peserta yang belum kompeten agar jangan menyerah dan teruslah mencoba.

“Selamat kepada peserta UKW yang kompeten, dan bagi yang belum kompeten, jangan menyerah. Teruslah mencoba dan asah kemampuan sampai berhasil menjadi kompeten,”pungkas Farianda dengan memberi semangat.

Diakhir acara, Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Zulmansyah Sekedang menutup acara UKW Angkatan 66 dan 67.

“Yang belum kompeten jangan berkecil hati. Tidak kompeten, bukan berarti kiamat menjadi wartawan. Yang terpenting, tetap pegang teguh UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), itu standar baku kita,” pesannya.

Terakhir dalam sambutan Zulmansyah, mengharapkan PWI Sumut melakukan pelatihan-pelatihan, agar semakin banyak anggota PWI berkompeten. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *