Penandatanganan Prasasti Tugu Geriten, Anggota DPD RI Badikenita Ajak Lestarikan Budaya dan Jaga Nama Besar Sembiring Meliala

Politik9 views

MEDAN – Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara, Dr Badikenita Sitepu SE,SH.M.Si menandatangani prasasti Tugu Geriten Sembiring Meliala di Desa Maliyati, Kec Namorambe, Kab Deliserdang.

Geriten Sembiring Meliala adalah orang pertama yang menemukan/mendirikan Kampung/Desa Tangkahan Cinta Maliyati di Kec Namorambe, Kab Deli Serdang.

”Peresmian Tugu Geriten Sembiring Meilala ini merupakan salah suatu upaya untuk melestarikan budaya khususnya untuk mengukuhkan ukiran sejarah Sembiring Meliala sebagai orang pertama kali mendirikan kampung/desa Tangkahan Cinta Maliyati Kec.Namorambe Kab.Deliserdang,” ujar anggota DPD RI dua periode itu pada acara peresmian dan penandatanganan Tugu Geriten Sembiring Meliala, beberapa hari lalu.

Wanita berdarah Karo ini, istri dari Anggara Soaduan Simanjuntak yang duduk sebagai legislator di senayan dua periode (Tahun 2014-2024) itu mengatakan, semua pemangku marga sembiring Meilala harus bangga karena nama Geriten Sembiring terukir dalam sejarah sebagai penemu kampung/Desa Tangkahan Cinta Maliyati.

”Nama Geriten Sembiring Meliala tidak akan habis termakan jaman, namanya akan selalu dikenang sepanjang masa. Oleh karena itu, nama leluhur Geriten Sembiring Meliala sebagai pendiri Kampung Tangkahan Cinta Maliyati diharapkan kelak akan meninggalkan kenangan yang baik kepada setiap generasi penerus melalui tugu geriten ini,” ungkapnya.

Alumni Lemhanas (Lembahas Ketahanan Nasional) angkatan 45 ini menilai, pembangunan tugu Geriten Sembiring Meliala ini merupakan upaya yang sangat strategis dalam mempertahanankan dasar budaya leluhur, identitas dan adat istiadat suku Karo.

Kata incumbent yang kini satu-satunya wanita calon DPD RI Dapil Sumut nomor urut 4 pada Pemilu 2024, peresmian Tugu dan penandatanganan Prasasti Geriten Sembiring Meliala ini mengingatkan kita kembali pentingnya melestarikan budaya kita, karena disetiap adat budaya mengandung nilai etnis tersendiri dan tidak bisa digantikan dengan hal apapun itu.

Ketua Umum DPP PIKI (Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia) itu berpesan semua Marga Sembiring Meliala supaya menjaga nama baik Geriten Sembiring Meliala.

Dr Badikenita Sitepu  merupakan lulusan termuda doktor Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia (UI) 2013 ini kembali mencalonkan diri menjadi DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI Dapil Sumatera Utara untuk periode Tahun 2024-2029.

Selama menjadi anggota DPD RI, ibu dua anak, alumni Sarna Ekonomi USU Alumni Tahun 1998 dan Alumni Magister Ilmu Ekonomi USU Tahun 2024 dan Alumni Sarjana Hukum Univesitas Kristen Indonesia Tahun 2010 ini selain terpilih menjadi anggota komiteI DPD RI tahun 2019-2021 dan anggota Komite II DPD RI tahun 2021 sampai sekarang juga menjadi Ketua Panitia perancang Undang-Undang DPD RI Tahun 2020 s/d 2022.

Kini, Dr Badikenita Sitepu yang pernah menjadi pemimpin Kelompok DPD di MPR dan Badan Sosialisasi MPR Tahun 2020 s/d 2022 ini menduduki jabatan sebagai presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI Tahun 2020-2024, anggota PURT DPD RI Tahun 2022-sekarang, anggota BKSP DPD RI Tahun 2022 s/d sekarang.

Wanita periang yang mengeluti bisnis itupun kini dipercaya sebagai economic advisor di PT.Prasto Propertindo Jakarta, Komisaris Utama PT. Kalpatma Sukses Mandiri, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Ekonomi Politik dan sosial Sumatera Utara dan Komisaris PT Suryalaya Anandita Internasional (SAI) sejak tahun 2015 hingga sekarang.(jns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *