Pemkab Karo Gelar Bimtek Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas

KARO – Pemerintahan Kabupaten (pemkab) Karo menggelar Bimbingan Teknis(Bimtek) tahap IV, selama dua hari yakni Senin 15 November 2021 s/d 16 September 2021, bertempat di Aula Kantor Bupati Karo, di Jalan Jamin Ginting Kabanjahe.

Hal tersebut berdasarkan Surat Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Ditjen Aplikasi Informatika nomor B-1049/DJAI/A101.02/10/2021 tanggal 18 Oktober 2021, tentang permohonan penyelenggaraan Bimbingan Teknis(Bimtek) tahap IV. Dalam rangka Implementasi Gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Karo sebagai lanjutan akan dilaksanakan bimtek penyusunan Masterplan Kota Cerdas ( Smart City).

Berdasarkan atas seleksi assessment gerakan menuju SMART CITY, Kabupaten Karo terpilih sebagai salah satu daerah yang menerapkan Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Dalam Penyusunan Pembukaan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan selama 4 tahap yang di mulai pada bulan Agustus 2021 maka pada hari ini memasuki Finalisasi Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Karo berakhir pada hari ini Selasa (16/11/2021).

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Karo Cory S Sebayang diwakili Kepala Dinas Kominfo Karo Drs. Jhonson Tarigan, Muhammad Fahru Rozi selaku Suubkoordinator Teknologi dan Infrastruktur Direktorat Layanan Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Republik Indonesia, Shita Laksmi, S.Kom, MA, selaku Tenaga Ahli, Muhammad Fatahillah, S.IP.,M.Si, Imam Prakoso sebagai moderator sekaligus sebagai pengisi materi dari Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta dihadiri secara tatap muka oleh masing-masing Kepala OPD dan para Camat SE Kabupaten Karo.

Bupati Karo Cory S Sebayang dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Kominfo Drs.Jhonson Tarigan, program Smart City ini dapat menjadi solusi berbagai permasalahan di Kabupaten Karo. Sehingga, dengan implementasi Smart City ini pemerintah dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kegiatan ini menghasilkan Masterplan Smart City yang baik dan nantinya implemantasi ini bisa berdampak positif dan dapat dirasakan oleh semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat,“ tuturnya.

Bupati Karo juga mengajak seluruh perangkat daerah untuk bersinergi, bekerjasama dan berkomitmen agar seluruh rancana dalam masterplan smart city Kabupaten Karo Tahun 2022-2026 dapat diwujudkan.

Usai membacakan kata sambutan penutupan Bupati Karo oleh Kepala Dinas Kominfo Karo Drs. Jhonson Tarigan, kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama menuju Karo Smart City oleh masing-masing Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.

Acara tersebut dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dengan menjaga jarak, memakai masker, mengukur suhu dan memakai hand sanitizer.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *